People Innovation Excellence

YCAB Berbagi Pengalaman

image

Pada hari Senin, 11 April 2016, mahasiswa peminatan Psikologi Komunitas kedatangan tamu dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Ibu Veronica Colondam, selaku CEO dan Founder dari YCAB, secara khusus datang untuk membagikan pengalaman mereka dalam melakukan intervensi sosial melalui berbagai program yang dikembangkan YCAB.

Ibu Veronica memulai sesinya dengan membedakan antara primary interventions dengan secondary Interventions. Jika yang pertama mengacu kepada pencegahan, sedangkan yang terakhir merujuk kepada intervensi yang bersifat kuratif.

Selain itu, Ibu Veronica juga mengajak para mahasiswa untuk menyadari kembali apa yang menjadi fokus dari semua intervensi yang dilakukan kepada masyarakat Indonesia, yaitu keadilan dan kesetaraan. Berbagai data mengenai kondisi masyarakat Indonesia, khususnya yang terkait dengan pendidikan dan remaja, dijabarkan sebagai pengantar. Setelah itu, dijelaskan juga pergerakan ekonomi sosial yang berlangsung di dunia dalam sepanjang sejarah. Mulai dari pergerakan yang berfokus dari sistem keagamaan, lalu pergerakan yang disistemkan oleh pemerintah lewat program CSR di berbagai industri, hingga akhirnya pergerakan yang berbentuk social enterprise.

Dalam penjelasannya tersebut diperlihatkan arah intervensi sosial dari yang awalnya selalu hanya memberi hingga ke bentuk intervensi yang tidak fokus memberi melainkan melibatkan masyarakat. Dan, dalam social enterprise, Ibu Veronica menjelaskan bahwa dalam menyusun sebuah program intervensi juga harus juga dipikirkan mengenai keberlanjutannya. Dan salah satu yang harus dilakukan adalah merencanakan dengan baik sistem keuangannya. Tanpa melibatkan masyarakat dan tanpa memiliki sistem keuangan yang baik, sebuah program intervensi sosial diperkirakan tidak akan mampu berkelanjutan, dan tidak akan membawa impact di masyarakat.

Diharapkan dengan sesi ini, para mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai pentingnya sebuah intervensi sosial untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih berkualitas. Selain itu, dari diskusi di dalam sesi ini, diharapkan mahasiswa juga mendapatkan pemikiran baru mengenai usaha menjaga keberlanjutan dari berbagai program intervensi sosial yang saat ini sedang mereka rancang.

VeronicaColondam-kuliah-PsikologiIntervensiSosial


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close