People Innovation Excellence

Pedoman Program Enrichment Track Internship

image

 

Rekan-rekan mahasiswa semester 7,
Apakah kalian berniat mengambil track internship untuk program enrichment 3+1? Apakah kalian ingin merekomendasikan perusahaan/organisasi/institusi yang kalian inginkah alih-alih memilih dari yang sudah ditawarkan? Apakah kalian memiliki tempat potensial yang bisa dijadikan tempat magang? Nah, supaya tidak bingung dan prosesnya dapat berjalan lancar, berikut sedikit arahan yang bisa kalian ikuti jika ingin mengajukan rekomendasi perusahaan/organisasi/institusi :

MENGAJUKAN REKOMENDASI TEMPAT MAGANG

1. Email atau datangi perusahaan yang dituju;

2. Kirimkan LEARNING PLAN sesuai dengan STREAM kalian ke perusahaan terkait;

3. Saat mengirimkan learning plan, jangan lupa untuk memberikan “surat pengantar” yakni, perkenalkan diri kalian, tujuan, dan juga, mention  tentang learning plan;

4. Jangan lupa untuk me-cc email tersebut ke Pak Raymond;

5. Mengapa harus mention learning plan itu penting? Perlu diingat, internship yang dilakukan adalah bagian dari proses pembelajaran kalian dijenjang S1 ini. Jika biasanya proses belajar terjadi di kelas, kali ini proses belajarnya langsung melalui pengalaman di industri. Nah, supaya tujuan tersebut tercapai, maka perlu dijaga dari awal melalui learning plan. Sehingga dapat dipastikan, usai melakukan proses intership, kalian mencapai semua tujuan belajar yang direncanakan;

6. Bagian mana yang harus dijelaskan ke perusahaan/organisasi/institusi soal learning plan ini? Kalian bisa merefer pada bagian ini:

(contoh dari Learning Plan IO)

Program Internship ini akan memberikan pengalaman dan bekal kompetensi dalam  perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan sehingga mahasiswa mampu menyelenggarakan kegiatan pelatihan secara mandiri.

Sehingga tempat yang paling ideal untuk seorang anak intern dari stream PO misalnya di bagian Training and Development pada sebuah organisasi.

Selain itu, silakan diskusikan beberapa breakdown dari rencana capaian diatas, seperti yang ada di bawah ini:

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.     Mengetahui dan mampu menjelaskan mengenai seluk-beluk training di organisasi
2.     Mengetahui dan mampu menjelaskan langkah dan proses dalam training
3.     Merancang sebuah program pelatihan berdasarkan need assessment  dengan menggunakan berbagai metode yang tepat
4.     Mampu menyampaikan sebuah program training
5.     Mengembangkan alat untuk mengevaluasi keefektifan program training

Nah, andaikan perusahaan/organisasi/institusi tersebut merasa tidak semua rencana capaian dapat diimplementasikan pada program magang yang mereka miliki atau memiliki plan lain, tanyalah dengan jelas dan lengkap deskripsi dari pekerjaan untuk intern yang mereka tawarkan. Catat dan rekap dengan jelas.

7. Dengan membawa hasil dari diskusi dan negosiasi dengan perusahaan/organisasi/institusi, silakan segera konsultasikan dengan Raymond Godwin/Anggita D Cahyani di Jurusan Psikologi. Jika dari pihak jurusan sudah memberikan persetujuan dengan beberapa catatan, silakan segera kembali diskusikan dengan pihak perusahaan/organisasi/institusi. Jika sudah tercapai kesepahaman segera laporkan ke Jurusan dan Binus Career (Nama Perusahaan, Alamat, PIC)  untuk diverifikasi perusahaan/organisasi/institusi tersebut;

8. Ketika kalian dinyatakan diterima oleh perusahaan/organisasi/institusi ybs, silakan segera minta surat keterangan diterima magang (internship acceptance letter). Segera copy dan bawa surat tersebut ke Binus Career dan jurusan untuk diproses lebih lanjut;

9. Untuk mengantisipasi perusahaan/organisasi/institusi tidak gagal dalam proses verifikasi Binus Career, sebaiknya kalian memastikan bahwa perusahaan/organisasi/institusi memang sebuah tempat yang tepat dan memiliki kredibilitas baik untuk melakukan program internship.

Oke, sekian dulu semoga arahan diatas bermanfaat, jika masih bingung juga, silakan datang ke Jurusan Psikologi (Raymond / Anggita) pada waktu yang sudah disepakati (jam kerja).


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close