Sharing Knowledge “Solution Focused Coaching & Business Improvement”

Halo Rekan-Rekan Psytroopers!

Pada tanggal 28 Februari 2016, Lab Psikologi mengadakan acara sharing knowledge dengan mendatangkan international lecturer dari Inggris, John Henden. John Henden merupakan penulis, trainer dan terapis dari pendekatan solution focused.

Solution focused merupakan salah satu bentuk coaching atau pendekatan terapi yang mencoba untuk memberikan dorongan pada klien agar dapat menjelaskan masalah yang sedang dihadapi oleh individu secara rinci, klien menuliskan kepercayaan mereka berdasarkan sebab dan akibat dari masalah tersebut dan klien diminta untuk mengekspresikan sebuah pandangan yang menurut klien merupakan padangan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, Solution focused juga membantu klien agar dapat mencapai goal mereka secara lebih cepat dengan cara membicarakan lebih lanjut mengenai harapan tentang masa depan mereka dan kekuatan apa yang mereka miliki.

Nah, psytroopers udah lumayan dapat insight kan solution focused coaching itu apa, selai itu, John henden juga menjelaskan tentang fokus utama dari solution focused. Solution focused berfokus pada solusi yang ditampilkan oleh perilaku dan menguatkannya dengan cara memberikan pujian kepada klien tersebut. John henden menjelaskan secara mendetail bahwa tahapan dari fokus solution focused adalah sebagai berikut:

  1. What works
  2. Best hopes
  3. Skills, strengths and resources
  4. Future perfect
  5. The next small step
  6. Exceptions

Solution focused coaching ini juga sangat aplikatif untuk topik-topik sebagai berikut:

  1. Konseling
  2. Team building
  3. Social work
  4. Conflict resolution
  5. Eating distress
  6. Stress
  7. Suicide prevention
  8. Coaching
  9. Education
  10. Criminal justice
  11. Couples therapy
  12. Change management
  13. Team remotivation
  14. Severe trauma recovery

Menurut John Henden, agar coaching solutuion focused dapat berjalan dengan baik, solution focused mjemiliki prinsip keberhasilan yang diberi nama “triple twins principle” yaitu:

  1. Patience and persistence
  2. Curiosity and creativity
  3. Hope and optimism

SF Coaching and organizational consulting

Highlight terbesar dari sharing knowledge ini adalah aplikasi solution focused yang digunakan dalam perusahaan dan improvement bisnis. Peranan SF dalam ranah ini adalah transformasi coaching, konsultasi, pengelolaan dan kepemimpinan pada organisasi.

John henden menggarisbawahi bahwa SF menekankan pada penyelesaian masalah dengan berfokus pada apa yang hal-hal apa saja yang berjalan dengan baik pada perusahaan tersebut secara sederhana dan praktis. Untuk meraih SF coaching yang baik dalam sebuah perushaan atau corporate, john henden merumuskan 4 tahap coaching, yaitu:

  1. SF conflict resolution
  2. SF team facilitation
  3. Problem talk
  4. Solution talk

Nah, sekian liputan dari lab psikologi dalam acara Sharing Knowledge “solution focuses coaching & business improvement”

Sampai bertemu di kesempatan berikutnya!

Nanda Wardana