Farhan Bicara Kenyataan Kemiskinan dalam Kuliah Psikologi Sosial

Pada 10 Desember 2015, matakuliah Psikologi Sosial menyelenggarakan Kuliah Tamu-Global Learning System dengan topik Prosocial Behavior (Why Do People Help?): Experience of YCAB Foundation, bertempat di Hall BINUS Kampus Kijang-Kemanggisan.

Kuliah ini merupakan bagian dari rangkaian kerjasama antara Jurusan Psikologi BINUS dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation). Kerjasama ini mula-mula diinisiasikan oleh Esther Widhi Andangsari, M.Psi., Psikolog. Selanjutnya, dalam pertemuan dengan Mbak Esther, Mbak Karotina Ginting (Partnership and Program Development Manager dari YCAB Foundation), SCC Community Psychology, Juneman Abraham, S.Psi., M.Si. menindaklanjutinya dengan mengundang Secretary General of YCAB Foundation, Muhammad Farhan (atau lebih dikenal dengan panggilan: Om Farhan), untuk  memberikan kuliah tamu. Kuliah ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiwi dari kelas-kelas paralel Psikologi Sosial, dan turut didampingi oleh Mas Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A., dan Ibu Yuni Wulandari, S.Sos., M.Si. selaku dosen matakuliah ini.

Muhammad Farhan (lahir di Bogor, Jawa Barat, 25 Februari 1970; umur 45 tahun) adalah presenter dan pembawa acara di beberapa televisi swasta di Indonesia. Pria yang terkenal dengan panggilan Farhan ini juga salah satu penyiar radio swasta di Jakarta. Ia pernah duet siaran radio pagi bersama-sama dengan Indy Barends selama beberapa tahun. Farhan merupakan Secretary General dari Yayasan Cinta Anak Bangsa dan Wakil Direktur dari PT. Persib Bandung Bermartabat yang mengelola klub sepak bola Persib Bandung. ( Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Farhan )

Om Farhan memaparkan mengenai kenyataan kemiskinan di Indonesia dan bagaimana mahasiswa-mahasiswi Psikologi BINUS University dapat berkontribusi—mulai dari perilaku yang paling sederhana—untuk membangun empati dan juga melakukan intervensi sesuai dengan kapasitas masing-masing individu dan/atau kelompok.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kuliah ini tampak dalam proses dialog yang dipancing oleh gaya dinamik Om Farhan. Melalui kegiatan ini, semakin terbuka mata dan mata hati mahasiswa-mahasiswi Psikologi BINUS University akan realitas sehari-hari. Dengan demikian, ilmu yang diperoleh dari dalam kampus dapat langsung diterapkan, bukan hanya dalam konteks akademik, melainkan juga dalam kehidupan di luar kampus yang membutuhkan kecerdasan dan gerakan nyata kontributif mereka dalam memecahkan persoalan sosial di masyarakat.

 

Kuliah-Tamu-Om-Farhan

Kuliah-Tamu-Om-Farhan1

Kuliah-Tamu-Om-Farhan2

Kuliah-Tamu-Om-Farhan3

Kuliah-Tamu-Om-Farhan4  Kuliah-Tamu-Om-Farhan6

YCAB Milestone