People Innovation Excellence

GAYA KOMUNIKASI INSTRUKSI TERHADAP PERFORMA KERJA

Afifah Azizah 1701358105

(afiiazii@gmail.com)

Indahwaty 1701300590

(wings_angelzz@yahoo.com)

Marsha Safinatus 1701368951

(achamarsha@yahoo.com)

Novidia Aresta 1701330050

(novidea04@yahoo.com)

Reistamy Meilanda 1701345411

(reistamy8@gmail.com)

Yobi Yusdita 1701359972

(y.yusdita@gmail.com)

ABSTRAK

Dengan dilakukannya penelitian ini kami ingin membuktikan bahwa, bukan hanya gaya komando atau mengajar saja yang menjadi patokan agar informasi dan instruksi dipahami dan dilakukan dengan performa yang maksimal, tetapi gaya komunikasi dalam penyampaian informasipun berguna untuk performa kerja seseorang. Pada tahapan perkembangan Operasional Konkret (Piaget tahap perkembangan kognitif), mudah bagi mereka untuk dapat memahami instruksi yang hanya menggunakan bahasa, karena pada tahapan ini remaja sudah bisa memahami hal yang abstrak dan memecahkan masalah secara verbal. Orang pada masa dewasa awalpun memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dan luas, mereka dapat berpikir secara reflektif dan relativistic. Menurut Piaget, dalam pola pemikiran ini mereka tidak lagi berpikir dalam polaritas benar / salah, baik/buruk dan dapat menyadari berbagai prespektif orang lain. Desain penelitian yang digunakan adalah Between subject design dimana peneliti membagi partisipan ke dalam dua kelompok eksperimen grup dimana masing-masing grup mendapatkan treatment yang berbeda dua kelompok tersebut diberi label Grup 1 = Gaya instruksi kooperatif (lemah – lembut menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga sabar) dan Grup 2 = Gaya instruksi komando (tegas, kasar terkesan cuek, dingin dan tidak menggunakan EYD yang baik). Bisa kita simpulkan bahwa dengan menggunakan gaya komunikasi yang kooperatif yang terdiri dari penggunaan EYD yang tepat, lemah lembut dan sabar maka partisipan menunjukan performa menyelesaikan pola dengan cepat dibandingkan dengan yang menggunakan gaya komunikasi yang tidak kooperatif. Dari hasil penitian yang telah dilakukan dalam 2 group dengan treatment dan perlakuan yang berbeda menunjukan bahwa terdapat perbedaan waktu yang cukup signifikan dalam mengerjakan pola yang telah diberikan antara grup 1 dan grup 2. Begitupun dengan perilaku yang muncul pada saat kami menggunakan gaya yang berbeda dalam memberikan instruksi atau informasi. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya komunikasi dalam pemberian instruksi mempengaruhi performa kerja seseorang.

Kata kunci: Kognitif proses oprasional konkret, Gaya komunikasi, Instruksi, Performa


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close