Pengaruh Pembelajaran terhadap Ketepatan Menentukan Suara

Eva Kristi – 1701362632

(vaeristi@gmail.com)

Laura Gina – 1701328941

(laura.widjayaa@gmail.com)

Nabilah Aleta Isbayuputri – 1701354510

(aletaaisbayuputri@yahoo.com)

Naomi Safrida – 1701317263 (naomi.safrida@gmail.com)

Regina Sonya – 1701305124 (reginasonya@ymail.com)

Vallery Septiany – 1701304840 (valleryseptiany@yahoo.com)

Nabilah Aleta, Eva Kristi_2017_Metode penelitian  Eksperimen_BB64

Abstract

Mengingat pentingnya sebuah pembelajaran untuk memahami suatu hal, banyak di kalangan masyarakat yang tetap menggunakan sebuah pembelajaran dalam mengarahkan atau mengajarkan orang lain. Ketika seseorang telah diberikan pembelajaran, maka pembelajaran yang sudah diajarkan akan membantu orang tersebut dalam mengerjakan hal-hal lain dengan mengingatnya. Dalam menentukan jenis volume suara (Rendah-Sedang-Tinggi) pun, ketika seseorang diberikan pembelajaran terlebih dahulu, ingatan akan pembelajaran tersebut akan membantu seseorang untuk dapat lebih tepat menentukan suara. Dari hal tersebut, tujuan penelitian eksperimen ini ialah untuk mengetahui apakah sebuah pembelajaran dapat mempengaruhi ketepatan seseorang dalam menentukan suara (Low-Medium-High). Untuk itu peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Between Subject Design, dimana menggunakan sample sebanyak 40 orang yang dibagi ke dalam 2 kelompok berbeda yang masing-masing akan dapat perlakuan yang berbeda. Data yang telah didapat dianalisa menggunakan program SPSS for Windows dengan menghitung perbedaan mean dengan Independent Sample t-test. Setelah diuji perbedaan mean dan nilai p value dari masing-masing kelompok, didapatkan hasil bahwa pvalue (0,618) ≥ Alpha (0,05). Nilai p value lebih besar dibandingkan alpha, dan dapat dikatakan bahwa H0 diterima, yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pemberian pembelajaran terhadap ketepatan menentukan suara.
Kata kunci : Pembelajaran, Ketepatan, Volume suara.