People Innovation Excellence

PENGARUH MUSIK HIP-HOP TERHADAP TINGKAT ATENSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Adha Sandy Pradana 1701359291

pradanaadha@gmail.com

Fikry Hidayatullah 1701359291

fikriday@ymail.com

Indra Kurniawan 1701326715

indrakuurniawan@gmail.com

Niky Afina 1701333513

nikyafina@gmail.com

Nina Fitriani 1701330391

ninafitriani20@yahoo.com

Abstrak

            Bagi sebagian besar masyarakat, musik sudah menjadi salah satu aspek yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia. Beberapa penelitian menemukan adanya hubungan yang signifikan antara musik dan performa manusia, termasuk tingkat atensi. ‘Mozart Effect’ sudah cukup lama memiliki reputasi baik dengan meningkatkan beberapa performa manusia setelah mendengarkan karya Mozart. Tapi satu penelitian menemukan bahwa jenis musik hip-hop memiliki pengaruh yang lebih signifikan terhadap tugas kognitif seperti pemahaman dalam membaca dibanding musik klasik (Mozart) dan tanpa ada musik sebagai latar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dari musik hip-hop terhadap tingkat atensi seseorang dengan cara melakukan tes mengguanakan attention distractor. Hasilnya menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang melakukan tes sembari mendengar musik hip-hop dan yang tidak sembari mendengarkan musik apapun. Hal ini menunjukan bahwa musik hip-hop tidak secara signifikan mempengaruhi tingkat atensi seseorang.

kata kunci: Mozart effect, hip-hop, atensi

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close