People Innovation Excellence

PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS

Arista Abdurrahman Arief 1701358111

(aristaabdurrahman@yahoo.com)

Dara Larasati Darunanto 1701345121

(daraald@gmail.com)

Dinda Siti Nur Zain  1701368730

(dindazain@yahoo.co.id)

Giani Saskya Nayandra  1701303541

(gia26_nayandra@hotmail.com)

Nanda Annisa 1701359146

(nandaanz@gmail.com)

Putri Rizki Virajati   1701323915

(putririzkiips3@gmail.com)

ABSTRAK

Pada kesempatan kali ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh konsentrasi terhadap keterampilan motorik seseorang, dimana proses penilaian partisipan akan dilihat dari kinerja partisipan dalam kecepatan menyelesaikan membuat pola pada alat tes finger dexterity. Penelitian ini menggunakan between subject design, dimana partisipan didapatkan dengan cara convenience sampling dan snowball sampling. Setelah itu, partisipan dibagi kedalam dua kelompok secara acak menjadi 20 orang dalam kelompok eksperimental dan 20 orang dalam kelompok kontrol. Setiap kelompok akan menerima perlakuan yang berbeda, kelompok eksperimental akan dites menggunakan alat finger dexterity dengan diberikan hitungan mundur, sedangkan kelompok kontrol akan dites menggunakan alat yang sama tetapi tidak diberi hitungan mundur. Hasil data kuantitatif yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 20 dengan memasukan data mentah yang didapatkan dari setiap partisipan dengan skala rasio. Setelah memasukan semua data yang didapatkan, kemudian data diuji mengunakan rumus independent samples t test, hasilnya menunjukkn bahwa Sig. (0.029) < α(0.05), jika Sig. lebih kecil daripada α berarti hipotesis Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konsentrasi terhadap keterampilan motorik seseorang.

Keywords : Keterampilan motorik, konsentrasi, dan hitungan mundur.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close