People Innovation Excellence

PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KONSENTRASI MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Abhyani Prastika 1701303945

prastikabhyani@gmail.com

Annisa Nur Ahlina 1701361794

icaahlina@gmail.com

Dian Wahyuni 1701347493

thedian8@gmail.com

Indira Agnes 1701330460

indiraagnes@gmail.com

Luqmannityo Yoga 1701359171

kiwim70@gmail.com

Yashodara Permana 1701294455

yashodarapermana@gmail.com

Abhyani Prastika, Annisa Nur Ahlina_2017_Metode Eksperimen Psikologi_BA64

ABSTRAK

Konsentrasi berperan penting dalam fungsi kognisi seseorang dan sangat dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan suatu tugas atau mencapai tujuan. Daya konsentrasi dapat berbeda dari satu orang dengan yang lain dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang diyakini dapat membantu dalam mempertahankan daya konsentrasi seseorang adalah dengan mendengarkan musik klasik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik klasik terhadap daya konsentrasi yang diuji dengan menggunakan alat finger dexterity. Partisipan penelitian dibagi kedalam dua kelompok berbeda secara acak, yaitu kelompok kontrol dimana partisipan tidak diperdengarkan musik klasik, dan kelompok eksperimen dimana partisipan diperdengarkan musik klasik. Data yang didapat dari kedua kelompok akan dihitung menggunakan metode statistika independent t-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan diantara data dari kedua kelompok. Hasil penelitian yang didapat dari perhitungan statistika independent t-test menggunakan SPSS, diperoleh data berupa nilai probabilitas sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa musik klasik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi.

Kata kunci: musik klasik, daya konsentrasi, konsentrasi

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close