People Innovation Excellence

PENGARUH BUNYI TERHADAP KECEPATAN KOORDINASI SESEORANG

Fransiskus Edwin Antonius 1701312136

fransiskus.edwin@yahoo.com

Maydista Batari Indah 1701310761

maydistaindah@yahoo.com

Nadhifa Karimah 1701338923

nadhifa.karimah@yahoo.com

Silmi Lathifan 1701360324

silmi_lathifan@yahoo.com

Stella Wong 1701316084

stewo2208@gmail.com

photo

ABSTRAK

Bunyi merupakan salah satu jenis gelombang yang dapat dirasakan oleh inderapendengaran (telinga). Sumber bunyi yang bergetar akan menggetarkan molekul-molekul udara yang ada disekitarnya. Bunyi memiliki cepat rambat yang terbatas. Bunyi memerlukan waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Cepat rambat bunyi sebenarnya tidak terlampau besar. Bunyi memiliki berbagai macam volume, mulai dari rendah, menegah, dan tinggi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bunyi dapat mempengaruhi kecepatan seseorang yang dilihat dari kapasitas gerak dari anggota tubuh dengan kecepatan gerakan dari seluruh tubuh yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat Finger Dexterity untuk mengetahui kecepatan koordinasi seseorang dan Reaction Time Bunyi sebagai distractor dan juga menggunakan stopwatch untuk mengukur waktu yang dibutuhkan individu. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan dari bunyi terhadap kecepatan koordinasi seseorang.

Kata kunci : kuantitatif, eksperimen, psikologi, waktu, bunyi, gerakan, kecepatan, udara.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close