People Innovation Excellence

Mahasiswa Psikologi Diagnostik Memperdalam Tes Rorschach

Pada tanggal 16 Juni 2015 mahasiswa MK Psikologi Diagnostik mendapatkan pendalaman materi tentang tes Rorschach dari dosen tamu, yaitu Bapak Achmad Djuenaedi atau yang biasa disapa Pak Djuned. Beliau adalah seorang doktor, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Klinis di Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.
Dalam kuliah umum tersebut, Pak Djuned menjelaskan tentang sejarah dari pengembangan tes Rorschach. Kemudian Pak Djuned menampilkan satu persatu kartu Rorschach kepada para mahasiswa dan mahasiswa diminta untuk menuliskan responnya dalam waktu satu menit. Setelah selesai, Pak Djuned meminta mahasiswa menyebutkan respon mereka dari kartu yang pertama sampai sepuluh. Di setiap kartu, Pak Djuned memperlihatkan contoh respon yang menunjukkan adanya gangguan atau masalah psikologis.

 

Rorschach1

Mahasiswa terlihat antusias dengan pendalaman materi tes Rorschach yang diberikan oleh Pak Djuned. Menurut mahasiswa, materi yang disampaikan Pak Djuned membuat mereka lebih paham tentang tes Rorschach. Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa juga aktif mengajukan pertanyaan untuk memenuhi keingintahuan mereka, seperti apakah stimulus yang diwakili dari setiap kartu ?. Mahasiswa sendiri berharap agar acara seperti ini terus dilakukan oleh jurusan.

Rorschach2


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close