Pada tanggal 16 Juni 2015 mahasiswa MK Psikologi Diagnostik mendapatkan pendalaman materi tentang tes Rorschach dari dosen tamu, yaitu Bapak Achmad Djuenaedi atau yang biasa disapa Pak Djuned. Beliau adalah seorang doktor, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Klinis di Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.
Dalam kuliah umum tersebut, Pak Djuned menjelaskan tentang sejarah dari pengembangan tes Rorschach. Kemudian Pak Djuned menampilkan satu persatu kartu Rorschach kepada para mahasiswa dan mahasiswa diminta untuk menuliskan responnya dalam waktu satu menit. Setelah selesai, Pak Djuned meminta mahasiswa menyebutkan respon mereka dari kartu yang pertama sampai sepuluh. Di setiap kartu, Pak Djuned memperlihatkan contoh respon yang menunjukkan adanya gangguan atau masalah psikologis.

 

Rorschach1

Mahasiswa terlihat antusias dengan pendalaman materi tes Rorschach yang diberikan oleh Pak Djuned. Menurut mahasiswa, materi yang disampaikan Pak Djuned membuat mereka lebih paham tentang tes Rorschach. Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa juga aktif mengajukan pertanyaan untuk memenuhi keingintahuan mereka, seperti apakah stimulus yang diwakili dari setiap kartu ?. Mahasiswa sendiri berharap agar acara seperti ini terus dilakukan oleh jurusan.

Rorschach2