People Innovation Excellence

PEKERJA ANAK DI GROGOL

Cindy (1701345664)

mochicindy@yahoo.co.id

Eklesia Bulouw (1701337561)

eklesiabulouw@rocketmail.com

Harlina Naga Wijaya (1701338103)

harlina_naga@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

 

Pekerja anak merupakan salah satu permasalahan sosial yang sedang diperdebatkan saat ini. Pekerja anak muncul bukan hanya karena faktor ekonomi, melainkan faktor lingkungan dan teman sebaya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengetahui apa saja penyebab muncul nya pekerja anak di Grogol, Jakarta Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak apa saja yang diterima oleh anak-anak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Subyek partisipan dibagi menjadi dua kategori, lima belas orang awam berusia 20-44 tahun dan lima belas orang pekerja anak berusia 10-18 tahun. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa anak-anak memilih untuk bekerja dengan alasan ingin membantu perekonomian keluarga, bahkan beberapa anak diarahkan untuk bekerja bukan mendapatkan pendidikan. Anak-anak tersebut mengalami inferiority karena ejekan dan merasa rendah dari teman-teman sebayanya.

 

Kata kunci : pekerja anak, kualitatif, grogol 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close