People Innovation Excellence

KAMPUNG TERPENCIL YANG MENYATU DENGAN KEMISKINAN

IndiraAgnes (1701330460)

indiraagnes@gmail.com

Tasha Assovie (1701356516)

assovietasha@yahoo.co.id

Sarah Khaerunnisa (1701345613)

sarrahkhaerunnisa@gmail.com

ABSTRAK

 

Kemiskinan merupakan fenomena sosial di Indonesia. Angka kemiskinan di indonesia setiap tahunnya terus meningkat di kota-kota besar atau di kamping-kampung kecil. Pergantian pemimpin serta pejabat tidak juga memberikan perubahan angka yang baik terkait masalah kemiskinan ini. Peneliti mengamati program kerja pemerinrah yang dilakukan hanya mengurangi penderitaan masyarakat miskin saja bukan mengurangi kemiskinan ini. Program kerja yang berjalan untuk mengurangi beban kemiskinan, seperti program BPJS yang bergerak di bidang kesehatan, sekolah gratis 9 tahun, subsidi BBM dan lainnya. Namun, program kerja tersebut hanya sebagian kecil yang mengantungkan untuk rakyat miskin dan program tersebut tidak berjalan dengan baik, contohnya program BPJS dimana tidak semua masyarakat miskin menikmatinya. Menurut pengamatan peneliti, pemerintah belum merata dalam menuntaskan kemiskinan. Pemerintah hanya mengatasi masalah kemiskinan di kota-kota besar saja. Penyebab dari suatu kampung-kampung terpencil yang perekonomiannya tidak bergerak masih menjadi isu dan pertanyaan besar. Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah tingkat pendidikan rendah dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang sangat minim.


Kata kunci : kemiskinan, pemerintah, kampung kecil 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close