People Innovation Excellence

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI ANGGOTA PADA ORGANISASI KEMAHASISWAAN HIMPSIKO

Caroline Winata (1601215355)

 carolinewinata18@gmail.com

Heny Valencia (1601251360)

heny_valencia@hotmail.com

Lydia Handryani Tanumihardjo (1601250370)

 lidiatan0103@yahoo.co.id

Vivi Angelina (1601232292)

 vii_angelina@yahoo.com

 

ABSTRAK

 

Keberhasilan sebuah organisasi tentunya tidak terlepas dari peran anggota saja melainkan ada sosok seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang baik dan sesuai di belakangnya. Peneliti akan meneliti hubungan gaya kepemimpinan dan motivasi anggota pada salah satu organisasi di Universitas Bina Nusantara. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan adalah saturation sampling, yang melibatkan keseluruhan anggota populasi. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif deskriptif. Di analisis mengunakan program SPSS 22 dengan korelasi Pearson. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian adalah organisasi ini didominasi oleh gaya kepemimpinan partisipatif dengan mean sebesar 3.627. Gaya kepemimpinan partisipatif memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi anggota. Hal tersebut ditunjukkan dari gaya kepemimpinan partisipatif yang mempunyai korelasi positif paling signifikan terhadap motivasi anggota dalam sikap (r=0.602; 0.650; dan 0.601, p<0.5). Korelasi negatif ditunjukkan manajemen yang terbuka terhadap tujuan kerja, keaktifan, dan keinginan untuk maju (r=-0.084; -0.372; dan -0.169, p<0.5). Sedangkan desentralisasi wewenang dan kerjasama yang serasi, memiliki korelasi negatif terhadap keaktifan (r=-0.005; dan -0.080, p<0.5).

 

Kata kunci :gaya kepemimpinan, motivasi, organisasi kemahasiswaan, HIMPSIKO 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close