People Innovation Excellence

FENOMENA EATING DISORDER PADA KALANGAN REMAJA

Hanna Aggraini (1701348905)

Miedi Phalitamadana (1701335953)

Rohely Syafitri (1701339636)

ABSTRAK

Salah satu masalah yang dialami pada para remaja belakangan ini adalah keluhan mengenai fisiknya. Salah satu keluhannya adalah ketidakpuasan memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang tidak diinginkan atau tidak ideal.Dalam kasus ini cenderung banyak dialami pada remaja putri. Demi tampil menarik, para remaja putri berusaha memiliki tubuh seperti yang mereka lihat di media atau majalah-majalah mode. Tubuh yang ideal menurut media dan majalah mode adalah tubuh yang ramping dan kurus. Karena itu para remaja putri berusaha membatasi asupan makanannya. Perilaku ini kemudian berkembangan menjadi eating disorder (gangguan makan).Terdapat dua tipe utama gangguan makan yaitu anorexia nervosa dan bulimia nervosa.Pada umumnya, penderita eating disorders adalah orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah, perasaan tidak berdaya, dan perasaan tidak sebanding dengan orang lain. Mereka menggunakan ma­kanan dan diet sebagai cara untuk mengatasi masalah-masalah dalam hi­dup mereka.Banyak dari mereka berpikir bahwa makanan adalah sumber kenyamanan atau penghilang stress sementara penurunan berat badan dianggap sebagai cara agar diterima oleh teman-teman dan keluarga. Eating disorder dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, malnutrisi dan gangguan pertumbuhan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan maksud memusatkan diri pada pemecahan permasalahan yang aktual dan ada pada masa sekarang. Dari data yang dikumpulkan kemudian disusun, dianalisis dan disajikan untuk menghasilkan gambaran hasil penelitian yang sistematis, nyata dan cermat.

 

Kata kunci : eating disorder,remaja


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close