Libur…tapi tugasnya ngga libur ??!?

Holiday2014
http://zerodha.com

 

Tugas, tugas, tugas. Udah libur, masih aja ada tugas. Bahkan tugasnya harus dikumpulin pas masuk. Ini loh yang sedang jadi trending topic di lini waktu social media mahasiswa psikologi. Banyaknya tugas membuat seolah – olah liburan seperti ilusi, alias gak ada libur. Tapi, coba deh PsyTroopers telaah. Sebenarnya manfaat tugas itu apa sih?

Seperti yang teman – teman PsyTroopers tahu, untuk dapat mengingat sesuatu, ada tiga tahapan yang akan dilalui oleh informasi. Sensory register, short – term memory, dan long term – memory. Nah, untuk dapat memasukkan informasi ke dalam long – term memory, kita harus melakukan dengan teknik chunking atau repetition. Nah, sekarang coba PsyTroopers bayangin. Kalau kita liburan, kita pasti dong gak akan mau ngebuka buku atau belajar pelajaran kuliah. Tapi, kalau kita ada tugas, mau tidak mau kita pasti akan membuka buku kita. Jadi nanti, pas kalian masuk, kalian enggak blank dan lupa semua pelajaran sebelum libur.

Tugas juga bermanfaat untuk membuat kita lebih mengerti mata kuliah. Seringkali, apa yang dikeluarkan di tugas bisa jadi muncul di ujian. Nah, karena kita sudah pernah mengerjakan sebelumnya, otomatis kita pasti lebih bisa dong dalam menjawab soal ujian.

Percaya deh, PsyTroopers, tugas itu banyak manfaatnya kok buat kita. Kalau cuma mikir capeknya kita ngerjain tugas, bapak dan ibu dosen lebih capek meriksain tugas kalian satu – satu. Ya kan? Jadi semua sama rata. Tapi manfaatnya tentu nanti kalian yang merasakan. Kalau tugas bagus, nilai ujian bagus, yang IPnya tinggi kan kalian juga, PsyTroopers! (Chr)