deadline_stockfresh
Courtesy of stockfresh

Deadline, Deadline, Deadline. Kata – kata ini menjadi semakin santer di kepala para mahasiswa BINUS, khususnya mahasiswa jurusan Psikologi. Banyaknya tugas yang harus dikerjakan menuntut mahasiswa Psikologi BINUS untuk tetap fokus pada tugas tersebut. Tentunya tugas – tugas tersebut bukanlah tugas yang mudah. Kebanyakan tugas tersebut merupakan tugas akhir (final project) yang mempunyai bobot nilai yang cukup besar. Bagaimana cara yang efektik untuk mengerjakan tugas yang banyak di kala hari sudah mepet dengan Ujian Akhir Semester (UAS)? Berikut sedikit tips yang bisa kalian terapkan.

Yang pertama, pastikan kalian memiliki time management yang baik. Untuk memiliki time management yang baik, kalian harus tahu prioritas pekerjaan kalian. Mana yang mendesak untuk dikerjakan, mana yang tidak mendesak untuk dikerjakan. Buatlah timeline untuk membantu kalian mengerjakan tugas – tugas kalian.

Yang kedua, buanglah rasa malas dari diri kalian. Jadilah orang yang produktif dan tidak menunda – nunda pekerjaan agar hasil akhirnya maksimal. Jika kalian diberikan tugas akhir, sebisa mungkin hari itu juga kalian sudah mempunyai bayangan mau dijadikan seperti apa tugas akhir kalian.

Yang ketiga, menyelam sambil minum air. Kerjakanlah tugas kalian sembari kalian belajar untuk UAS. Jadi, sebelum UAS nanti, kalian akan lebih mudah untuk belajar karena kalian sudah pernah mempelajari sebelumnya.

Yang keempat, niat. Kalian harus memiliki niat yang tinggi untuk mengerjakan semua tugas tersebut. Jika kalian tidak punya niat, niscaya semua hal yang kalian kerjakan tidak akan maksimal.

Jangan jadikan semua tugas ini sebagai alasan kalian untuk mengeluh, tetapi, jadikanlah hal ini sebagai motivasi bagi diri kalian untuk terus berusaha mengejar nilai yang baik. Lakukanlah dahulu semua, jangan mengeluh dahulu. Karena jika kalian melakukannya dengan niat dan keikhlasan, maka niscaya hasil akhirnya akan baik. Semangat menghadapi UAS, PsyTroopers! (Chr)