People Innovation Excellence

Areas of Development

Jurusan Psikologi (JPsi) Universitas Bina Nusantara (UBinus) awalnya memfokuskan diri pada area Psikologi Industri dan Organisasi (I/O Psychology), namun pada perjalanannya fokusnya berkembang juga ke area Psikologi Pendidikan (Educational Psychology) dan Psikologi Komunitas (Community Psychology). Perkembangan tersebut terjadi karena beberapa hal. Jurusan Psikologi UBinus menyadari bahwa sebagai institusi pendidikan, JPsi-UBinus juga memiliki tanggung jawab dalam pengembangan pendidikan, baik di UBinus secara khusus maupun di masyarakat Indonesia secara umum. Dengan mempertimbangkan potensi ilmu psikologi dalam berkontribusi untuk masyarakat, JPsi juga melihat bahwa para lulusan perlu diarahkan untuk mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat sekitarnya. Oleh karena itulah, Psikologi Pendidikan dan Psikologi Komunitas adalah dua area yang relevan untuk menjadi fokus JPsi-UBinus, selain Psikologi Industri & Organisasi.

Ketiga area tersebut tidak akan berkembang ke arah yang berbeda-beda. Pengembangan JPsi-UBinus akan mengarah kepada Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan (Psychology of Intervention & Engineering). Dari arah pengembangannya terlihat bahwa fokus utama JPsi-UBinus ada pada penerapan teori-teori ilmu Psikologi yang ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk peningkatan pada kinerja manusia, baik secara individual maupun kelompok. Perekayasaan dan intervensi akan difokuskan pada ketiga area di atas: Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Komunitas.

Pada area Psikologi Industri & Organisasi, JPsi-UBinus akan berbicara mengenai desain industri maupun organisasi yang mampu untuk meningkatkan kinerja manusia dalam bekerja, baik individual maupun kelompok. Sedangkan di area Psikologi Pendidikan, JPsi-UBinus berbicara mengenai peningkatan potensi setiap manusia melalui rekayasa desain pendidikan. Di area Psikologi Komunitas, JPsi-UBinus akan berbicara mengenai pemberdayaan komunitas/masyarakat.


Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close