People Innovation Excellence

Membina Nusantara ‘a la’ Psikologi BINUS (2)

Dari Papua, Psikologi BINUS meluncur ke Padang. Sebagai Lecturer Specialist-S3 BINUS University dan Asesor Substansi ARJUNA, Dr. Juneman Abraham melaksanakan amanat Kementerian Ristekdikti untuk mendukung lebih intensif lagi dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas jurnal terakreditasi nasional.

Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan
Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama
dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual menawarkan kerjasama kepada
Perguruan Tinggi untuk melaksanakan kegiatan Workshop Pendampingan dan
Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik, kali ini bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Sumatra Barat, atau biasa disebut dengan STKIP PGRI Sumatra Barat. Acara dilangsungkan pada 3-5 Juli 2019 bertempat di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat.

Narasumber lainnya adalah Dr. Lukman, S.T., M.Hum. dari Kementerian Ristekdikti sendiri, Prof. Harun Joko Prayitno dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (Asesor Substansi), Aldy Riady Atmadja dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Asesor Manajemen Jurnal), dan Wahyu Setiadi dari Universitas Diponegoro (Asesor Manajemen Jurnal).

Tidak kurang para pengelola dari 40 (empat puluh) jurnal ilmiah yang bermitra dengan Perhimpunan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (PPJB-SIP), yang mayoritasnya belum berkesempatan memperoleh akreditasi SINTA, berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, dengan target yang telah ditetapkan dengan ketat, yakni submission untuk akreditasi pada akhir kegiatan.

Dalam hal substansi, para pengelola jurnal diharapkan memperoleh ‘pelajaran terpetik’ (istilah dari Prof. Harun) sehingga dapat lebih tanggap dalam menelaah calon-calon artikel di masa mendatang. Sedangkan, dari segi manajemen jurnal, para pengelola langsung melakukan revisi pada Open Journal System (OJS)-nya guna membenahi berbagai aspek di dalamnya.

Rangkaian acara selama tiga hari ini dibuka oleh Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A. sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi; selanjutnya oleh Ibu Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd.  (IAIN Syekh Nurjati Cirebon), selaku Ketua PPJB-SIP, Ibu Sri Imelwaty, M.Pd., Ph.D. selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STKIP PGRI Sumatera Barat.

Agendanya berturut-turut adalah: (1) Kebijakan dan Program Akreditasi Jurnal, (2) Evaluasi Kesiapan Substansi Akreditasi Bidang Keilmuan, (3) Evaluasi Kesiapan Standar dan Manajemen Website, serta (4) Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional, (5) Bedah Jurnal & Penilaian, serta (6) Kesimpulan dan Penutupan.

Berikiut ini adalah sejumlah gambar dari kegiatan tersebut:

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close