Pada Jumat, 15 Maret 2019, Jurusan Psikologi BINUS (Psikologi BINUS) kedatangan tamu dari Universitas Ciputra, Jawa Timur, yakni dari Fakultas Psikologi (Psikologi Ciputra), yang diwakili oleh Bapak Dr. Jimmy Ellya Kurniawan, S.Psi., M.Si., Psikolog (Dekan), Ibu Stefani Virlia, M.Psi., Psikolog (Ketua Program Studi S1 Psikologi), dan Ibu Livia Yuliawati, S.Psi., M.A., Ph.D.

Topik yang didiskusikan bersama adalah (1) Kurikulum Prodi dan Proses Belajar Mengajar, (2) Struktur organisasi, management dan pengelolaan SDM, (3) Proses penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat, (4) Sarana dan prasarana (kelas, laboratorium psikologi, dsb), (5) Kegiatan kemahasiswaan, dan (6) Promosi Psikologi kepada Siswa SMA.

Latar belakang Universitas Bina Nusantara dan Universitas Ciputra yang hampir sama, yakni didirikan/didahului oleh sebuah “bisnis keluarga” dan juga ada fokus ke kewirausahaan (entrepreneurship), merupakan salah satu faktor yang mendorong perjumpaan dalam rangka studi banding ini. Di samping itu, saling belajar untuk memperoleh dan/atau mempertahankan akreditasi serta prestasi yang terbaik, serta sejarah saling berkunjung dan belajar antara Universitas BINUS dan Universitas Ciputra oleh jurusan/departemen/fakultas yang lain (non-psikologi), merupakan sejumlah pemantik awal studi banding ini.

Sejumlah pembicaraan terkait dengan catur darma, sistem SODA BINUS, pelibatan digital mindset, magang dosen di industri, pengukuran kinerja riset dan publikasi berbasis Scopus, Employability & Entrepreneurial Skills, keragaman dosen, BINUS Maya dan pembelajaran global, dan masih banyak lagi, menjadi perbincangan penuh kehangatan dari siang hingga malam hari di Kampus BINUS Kijang @Kemanggisan.

Dari pihak BINUS, selain Tim Jurusan Psikologi BINUS, juga hadir secara full team untuk menyambut dan berdiskusi dengan Tim Fakultas Psikologi Universitas Ciputra, sebagai berikut:

Dekan Fakultas Humaniora, Internationalization & Partnership Program Coordinator Fakultas Humaniora, Senior Advisor BINUS Higher Education, Academic Resources Center Manager, BINUS Entrepreneurship Center Manager, Program & Collaboration Coordinator of BINUS Collaboration Center, Study Prog & Teaching Quality Performance Section Head of Lecturer Resources Center, Marketing Manager BINUS @Kemanggisan, serta HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi BINUS).

Thanks for many precious sharing. We learned a lot“, merupakan umpan balik Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra, yang menjadi penanda bagi dimulainya kesepahaman dan kolaborasi yang semakin erat antara Jurusan Psikologi BINUS University dan Fakultas Psikologi Ciputra University.

Berikut adalah beberapa gambar yang sempat diambil sepanjang berlangsungnya studi banding:

 

Dekan Fakultas Humaniora BINUS, Ibu Elisa Carolina Marion, dan Dekan Fakultas Psikologi UC, Bapak Jimmy Ellya Kurniawan
Dekan Fakultas Humaniora BINUS, Ibu Elisa Carolina Marion, dan Dekan Fakultas Psikologi UC, Bapak Jimmy Ellya Kurniawan

 

 

Dari kiri ke kanan: Arthanami EK Panjaitan, Juneman Abraham, Johannes AA Rumeser, Elisa Carolina Marion, Jimmy Ellya Kurniawan, Stefani Virlia, Ibu Livia Yuliawati.
Dari kiri ke kanan: Arthanami EK Panjaitan, Juneman Abraham, Johannes AA Rumeser, Elisa Carolina Marion, Jimmy Ellya Kurniawan, Stefani Virlia, Livia Yuliawati.

 

StudiBandingCiputra-Paparan Ketua Jurusan Psikologi BINUS, Bapak Raymond Godwin
StudiBandingCiputra-Paparan Ketua Jurusan Psikologi BINUS, Bapak Raymond Godwin

 

Paparan IPPC BINUS, Ibu Arthanami EK Panjaitan

 

Penyampaian Maksud dan Tujuan Kunjungan oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra
Penyampaian Maksud dan Tujuan Kunjungan oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra

 

Andrea Prita dan Budi Sulaeman sedang menjelaskan tentang fasilitas dan aktivitas Laboratorium Psikologi BINUS
Andrea Prita dan Budi Sulaeman sedang menjelaskan tentang fasilitas dan aktivitas Laboratorium Psikologi BINUS

 

StudiBandingCiputra-PaparanJo BINUS Senior Advisor, Johannes Rumeser.
Paparan BINUS Senior Advisor, Bapak Johannes AA Rumeser.