“Tinggalkan jejak, jangan hanya seperti memberi ikan, tetapi berilah umpannya”

Karena hidup itu soal berbagi dan kesempatan tidak akan datang dua kali. Tepat tanggal 20 Agustus 2018 kesempatan ‘tak biasa bagi diriku datang, Menjadi dosen tamu pada kuliah umum di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kali ini kesempatan berbagi dan mengajar untuk mahasiswa jurusan teknik di kelas kewirausahaan.

Selama 2 jam saya berbagi dengan tema “imperfect”, segala sesuatu yang dimulai dari ketidak sempurnaan, cara berani memulai berwirausaha dengan mind set yang baik. Mengajak mereka semua untuk selalu “memperkaya” diri dan belajar mencoba sesuatu yang baru.

Ini menjadi penting karena pada dasarnya dalam perkuliahan tidak hanya butuh teori pembelajaran di kelas tetapi juga membutuhkan praktek langsung  yang difasilitasi cara memulainya.

Senang bisa berbagi bersama para mahasiswa secara langsung, mendengar berbagai ide dan semangat belajar yang tinggi. Sangat tepat sekali berbagi pengalaman cara memulai suatu usaha pada mata kuliah ini karena para mahasiswa langsung melakukannya bersamaan dengan kelompok dari mulai pengumpulan ide, perencanaan sampai realisasi segala ide. Semua dengan sangat mendetail direncanakan dengan sangat matang sehingga para mahasiswa benar-benar mempelajari cara dan system memulai sebuah usaha.

Iya tidak perlu dengan cara besar dan mewah, cukup dengan hal sederhana yang dilakukan dengan konsisten dan baik juga akan mendatangkan keuntungan dalam berbisnis. Jasa ataupun produk harus penuh dengan ciri khas dan inovasi agar terus di cari oleh konsumennya.

Intinya, Jangan takut mencoba..!

 

Marcellia Tania – Mahasiswa Psikologi BINUS University (Binusian 2020)