People Innovation Excellence

PSIKOLOGI BINUS MENYAPA SISWA-SISWI SMA ST. AQUINO

JAKARTA, 27 APRIL 2017

 Pada hari Kamis, 27 April 2017 pukul 09.15 WIB, Psikologi BINUS diwakili oleh Ibu Yuni Wulandari dan Kak Budi Sulaeman melaksanakan kegiatan Pengabdian terhadap Masyarakat (P2M) kepada siswa-siswi kelas 3 SMA  Saint Aquino di ruang A1003 – Kampus BINUS Alam Sutera. Kegiatan ini dihadari oleh 49 siswa-siswi. Adapun materi yang disepakati untuk diberikan yakni pengaturan waktu (time management).

Aktivitas diawali dengan ice breaking yakni meminta para peserta mengikuti gerak dan lagu dari video yang pemateri putar. Saat kegiatan ini berlangsung, nampak para peserta semangat dalam mengikuti setiap gerakan yang dilihatnya. Setelah itu, pemateri memulai dengan memperkenalkan diri. Pemateri menyampaikan informasi mengenai nama, alamat email, riwayat pendidikan dan posisi kerja saat ini. Aktivitas dilanjutkan dengan mengisi lembar kerja yang telah disiapkan oleh pemateri. Pada pengisian lembar kerja pertama, para peserta diminta untuk mengisi banyaknya waktu yang dialokasi dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Setelah selesai mengisi lembar kerja, pemateri meminta para peserta membentuk kelompok yang terdiri dari 6 siswa untuk mendiskusikan hasilnya dan menentukkan alokasi waktu yang ideal dalam melakukan ragam aktivitas tersebut. Para peserta dalam kelompok diminta perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusi. Pemateri mencatat hasil yang telah disampaikan dan membuat grafik dalam ms. excel untuk ditampilkan.

Materi dilanjutkan oleh Kak Budi dengan menyampaikan sepuluh hambatan yang biasanya ditemukan sebagai kendala dalam mengatur waktu serta upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi hambatan tersebut. Setelah itu, siswa-siswi diminta kembali melihat lembar kerja dan mengisi tugas ke 2 yakni memilih salah satu dari 3 hal yang dirasa merepresentasikan diri mereka: telur, wortel dan bubuk kopi. Para siswa terlihat cukup cepat dalam menentukkan pilihan. Pemateri membahas makna dari tiap pilihan tersebut.

Kak Budi menyerahkan kepada Ibu Yuni untuk melanjutkan materi. Ibu Yuni menyampaikan beberapa materi penting terkait dengan pengaturan waktu yakni 4 kuadran prioritas: a. penting dan segera, b. penting tapi tidak segera, c. tidak penting namun segera dan d. tidak penting serta tidak segera. Ibu Yuni juga memaparkan karateristik orang sukses jika ditinjau dari kemampuan mengatur waktu dan akhirnya, pemateri meminta para siswa memikirkan cita-cita yang hendak dicapai di masa yang akan datang.

Di sesi akhir, pemateri yang diwakili oleh Kak Budi mencoba menyampaikan rangkuman materi sehingga para siswa kembali diingatkan poin-poin penting dari materi yang telah disampaikan. Saat pemateri membuka ruang diskusi/pertanyaan, tidak ada satu pun siswa yang memberikan pertanyaan sehingga penyampaikan materi sepakat untuk diakhiri pada pukul 12.30 WIB.

 


Published at :
Written By
Nanda Agastya Wardana
Psychology Lab Staff | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close