People Innovation Excellence

Magang Enrichment 3+1: Pengalaman Adha Sandy Pradana (1701359291)

Pada bulan pertama (Agustus 2016) saya magang di Yayasan Pulih, saya masih harus beradaptasi dengan tempat magang terutama dalam proses klinik dan mendalami isu-isu yang ada terutama mengenai kekerasan. Dalam bulan ini saya juga sudah mulai berkutat dengan perpustakaan dimana saya mendata buku secara berkala untuk memastikan semuanya tersusun dengan baik. Lalu pada 4 Agustus 2016 saya sudah menghadiri kegiatan SeHAMA yang bekerjasama dengan Yayasan Pulih. Sekolah Hak Asasi Manusia untuk Mahasiswa (SeHAMA) merupakan suatu pendidikan HAM yang dirancang oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia. Agenda pendidikan ini merupakan bagian dari pengembangan wacana hak asasi manusia sebagai bentuk dari kepedulian dan tanggung jawab KontraS untuk memajukan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penghargaan terhadap nilai-nilai hak asasi manusia.

Bulan Agustus ini kompetensi teknik saya masih belum bisa menggunakan kemampuan saya dalam bidang psikologi untuk diimplementasikan di Yayasan Pulih selain pada kegiatan SeHAMA dimana saya membantu psikolog dalam menyampaikan seminar dan saya membuat berbagai macam permainan untuk para peserta SeHAMA. Dalam bulan ini saya juga membuat timeline dalam pembuatan project magang dari Jurusan Psikologi, yaitu membuat rancangan intervensi mengenai Literasi Kekerasan Seksual Anak.

Soft Skill

Beberapa soft skill yang terlihat dan mulai terasah  pada bulan ini antara lain; Self development, teamwork, communication, planning and organizing, problem solving and decision making, initiative and entreprise.

Pada bulan Agustus magang, saya masih harus beradaptasi yang menyebabkan masih harus membutuhkan dalam pengembangan diri terutama perihal etika dalam berinteraksi dengan korban-korban yang sedang konseling di Pulih maupun dalam penyampaian suatu informasi ke pihak-pihak yang terkait. Komunikasi yang terjalin pada bulan pertama masih sangat sulit terlebih apabila sedang membicarakan isu-isu Yayasan Pulih sehingga saya masih harus butuh waktu sekitar dua minggu untuk terbiasa membahas hal-hal yang berbau dengan kekerasan. Kerjasama yang terjalin pada awal proses magang ini masih sulit untuk dilakukan terutama dengan rekan magang, namun seiring berjalannya waktu semuanya berjalan baik dan sesuai dengan rencana. Bulan ini juga saya jadikan warna baru dalam kehidupan saya sebagai mahasiswa dan berusaha untuk menikmatinya dengan baik.

Setelah minggu pertama saya habiskan untuk proses pengenalan dan adaptasi di Yayasan Pulih, lalu saya mencoba mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pekerjaan yang sudah ada agar bisa selesai dengan efisien dan efektif sesuai dengan jangka waktu yang sudah diberikan. Proses ini dalam bulan ini memiliki progres yang lambat karena masih sulitnya mencari kasus yang sesuai, akan tetapi semuanya bisa diatasi dengan baik. Rasanya di bulan ini saya juga mempersiapkan dan merencanakan apa yang harus saya lakukan dalam empat bulan kedepan, maka dari itu saya mencoba beradaptasi dengan situasi baru, misalnya mempertimbangkan ide-ide lain dan bersikap terbuka untuk melakukan perubahan Kesimpulan yang bisa diambil dari bulan mengenai planning dan organizing masih berjalan dengan lambat namun pasti, lalu di bulan ini saya juga sudah bisa membuat alur tugas untuk membedakan antara prioritas dan sekunder. Di bulan ini juga saya merasa banyak hal yang kiranya harus dipersiapkan dengan baik agar di akhir mendapatkan hasil yang baik dan nilai yang sepadan.

Kesulitan Yang Dialami dan Cara Mengatasi

Banyak hal sulit yang terjadi pada awal proses magang seperti sulitnya membuat keputusan yang terbaik terutama ketika saya di klinik karena masih banyak masalah yang datang dari klien atau psikolog, seperti klien yang sangat urgent namun saya belum mendapatkan psikolog yang tepat untuk klien, dari situ saya belajar bahwa saya harus bekerja dengan cepat agar masalah yang sedang dialami klien tidak menjadi lebih buruk maka dari itu saya biasanya akan bertanya pada staff klinik untuk mencarikan psikolog yang tepat. Setelah semuanya berjalan sesuai rencana saya hanya mengatur jadwal konseling antara klien dan psikolog agar sesuai dengan keinginan mereka. Keputusan yang sudah diambil juga harus dibarengi dengan tanggung jawab dan harus siap apabila dalam pelaksanaannya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. masih banyak hal yang perlu ditingkatkan mengenai pengambilan keputusan yang cepat agar tidak terjadi gesekan dengan kegiatan yang berlangsung di Yayasan Pulih, lalu banyak juga hal-hal yang bisa ditangani dengan baik di bulan ini dari hal yang mudah sampai hal yang sulit dilakukan. Secara keseluruhan, bulan ini cukup memberikan warna dalam proses magang sehingga saya harus cepat tanggap terhadap hal-hal yang saya hadapi.

Bulan September

Pada bulan September ini proses magang yang terjalin dengan saya dengan Pulih sudah berjalan baik, saya juga sudah menyesuaikan diri dengan tempat dimana saya bekerja sehingga terjalin komunikasi yang diinginkan, lalu sangat berbeda dengan bulan Agustus dimana masih adanya komunikasi yang kurang baik. Mengenai job description yang diberikan Yayasan Pulih untuk saya juga bisa dijalani dengan baik dan saya juga sudah mendapatkan berbagai macam  tugas sehingga dibutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal-hal yang dilakukan di bulan ini masih sama seperti bulan Agustus namun saya tidak mendapatkan tugas diluar Yayasan Pulih seperti; datang ke sebuah acara, Car Free Day, datang ke peluncuran buku atau film.

Setelah beberapa minggu menjalani proses magang ini, saya juga mendapatkan banyak informasi mengenai manajemen klinik yang baik dan banyak klien sudah ditangani dengan cepat walaupun pada proses penjadwalan masih ditemukan kendala seperti tiba-tiba klien/psikolog berhalangan hadir padahal waktu yang tersisa sudah sangat sedikit. Dalam hal ini, saya juga masih menemukan kendala dalam hal follow up karena banyak kegiatan diluar Yayasan Pulih yang ingin saya hadiri namun selalu terbentur dengan jadwal yang ada.

Kerjasama yang terjalin bulan ini sudah lumayan baik karena semua rekan magang dan elemen yang ada di Yayasan Pulih sudah menjadi satu dan membantu walaupun pada kenyataannya masih sulit untuk dijalani namun perlahan tapi pasti semuanya bisa diatasi bersama-sama, lalu selama proses magang berjalan, saya beserta rekan magang dan staff sudah bisa berkoordinasi dengan baik karena kami sudah saling sering berkomunikasi dan mulai mengenal sifat diantara yang satu dengan yang lainnya. Banyak kegiatan di Yayasan Pulih sendiri yang membantu saya dalam mengembangkan kemampuan diri kearah yang lebih baik lagi terutama menjalin hubungan agar kelak tujuan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditentukan. Setelah hari demi hari berlalu, saya sudah bisa mengkordinasikan semua pekerjaan yang ada di Pulih dan bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien karena tidak memakan banyak waktu. Perencanaan mengenai projek dalam bulan ini semakin menemukan titik terang karena saya semakin paham tentang intervensi yang akan dibahas nanti.

Pada bulan ini semuanya sudah berjalan dengan baik dan terarah dan sangat berbeda dengan bulan sebelumnya, apabila bulan Agustus saya lebih banyak mendapatkan tugas diluar Yayasan Pulih sedangkan pada bulan September saya lebih banyak berkutat di Yayasan Pulih dan menyelesaikan tugas yang lumayan banyak. Kerjasama pada bulan ini juga sudah sangat baik terlebih lagi saya, rekan magang, dan staff sudah saling mengenal dengan baik sehingga memudahkan saya untuk menentukan keputusan apa yang akan diambil, lalu saya menggunakan umpan balik dari atasan dan relevan rekan kerja untuk melakukan perbaikan kinerja bekerja.

Penyelesaian tugas pada bulan ini juga menjadi titik dimana saya harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan job description dengan kegiatan jaga klinik karena apabila keduanya tidak berjalan dengan baik maka semuanya akan berantakan dan tugas yang ada tidak bisa diselesaikan dengan baik. Selama tugas perpustakaan sedang berjalan, saya juga harus menghadapai klien atau psikolog yang susah dihubungi untuk konfirmasi sesi konseling jadi saya harus membuat perencanaan mengenai waktu konseling antara klien dan psikolog yang biasanya saya lakukan menggunakan telepon pulih, sms (short message service), Whatsapp dan facsimile.

Bulan Oktober

Pada bulan Oktober, semua sudah berjalan dengan baik dan rekan magang juga sudah saling mengonsolidasikan semua kegiatan, proses klinik, masalah teknis maupun non teknis menjadi lebih terarah dan terukur. Beberapa hal baru yang didapatkan di Yayasan Pulih pada bulan ini sepertinya membuat saya harus bekerja ekstra keras dan lebih fokus terhadap apa yang harus saya selesaikan dan juga menyelesaikan job description yang sudah diberikan oleh supervisor. Minggu pertama bulan ini juga sudah disibukkan dengan pendataan buku yang saya lakukan pada tanggal 4 Oktober 2016, lalu saya juga harus merekap data konseling bulanan yang ada di Pulih pada hari selanjutnya.

Proses magang semakin terjalin pada bulan Oktober sudah sangat baik terutama dalam berkoordinasi dengan rekan-rekan magang, dan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan karena pada bulan ini banyak sekali yang harus saya lakukan dengan rekan magang perihal kegiatan yang diadakan oleh pulih, menghadiri undangan berupa peluncuran film dan buku. Hal-hal yang saya lakukan pada bulan ini juga membuat saya semakin paham dengan isu-isu yang berkaitan dengan Yayasan Pulih khususnya pada isu kekerasan yang terjadi belakangan ini.

Pada bulan ini saya juga masih berkutat dengan hal pendataan dan inventarisir buku-buku yang ada di perpustakaan (www.perpustakaanpulih.or.id) karena banyaknya buku yang harus data maka saya bekerja sama dengan rekan magang yang lain agar bisa cepat selesai, lalu saya juga mempunyai kendala dalam hal ini karena server web Yayasan Pulih sering sekali tidak responsif sehingga harus menunggu waktu yang lebih lama dalam pendataan. Bulan ini saya lebih disibukkan dengan projek-projek yang ada di Yayasan Pulih seperti media monitoring, menghadiri berbagai macam acara, dan pelatihan. Hal ini sangatlah melelahkan dimana saya juga harus memikirkan projek yang saya sedang kerjakan.

Semua rekan magang pada bulan ini sudah bekerjasama dengan baik dan tidak lagi egois seperti pada bulan pertama, hal ini membuat tugas-tugas yang ada bisa diselesaikan dengan baik dan lugas walaupun masih banyak hal yang perlu ditingkatkan terutama mengenai job description karena sangat sulit untuk dijalankan sendiri. Pada akhirnya, kerjasama yang terjalin bulan ini sudah sangat baik dan lugas, namun masih ada banyak hal yang harus diselesaikan karena prosesnya yang memakan waktu seperti media monitoring. Saya juga mengapresiasi bantuan rekan-rekan magang di bulan ini sehingga tugas yang ada bisa diselesaikan dengan baik. Berbeda dengan 2 bulan sebelumnya, bulan ini bisa dibilang memiliki banyak hal-hal baru seperti media monitoring dimana saya bekerjasama dengan rekan magang dalam pendataan kasus-kasus yang kekerasan yang ada di internet karena hal ini sangat sulit untuk dilakukan maka saya meminta bantuan kepada mereka dalam menyelesaikan tugas ini, disisi lain rekan magang juga diberikan tugas yang sama tapi mengambil data melalui Polsek dan Polres.

Dalam bulan ini saya diharuskan berkomunikasi dengan baik terutama ketika klien yang ingin melakukan proses konseling belum mendapatkan psikolog ataupun jadwal yang ada tidak sesuai dengan kesepakatan antara psikolog dan klien karena bulan ini dan mungkin dua bulan ke depan menjadi sangat padat karena biasanya diakhir tahun hal-hal ini sering terjadi, cara yang harus saya lakukan adalah meningkatkan kemampuan komunikasi untuk memberikan informasi yang baik kepada psikolog maupun klien. Bulan ini saya bersama rekan magang sudah menjadi panitia seminar di sebuah Universitas dan kegiatan tersebut memberikan saya banyak pengalaman terutama dalam hal perencanaan karena peserta yang hadir lumayan banyak dan butuh koordinasi yang baik antara pihak Yayasan Pulih dan Universitas tersebut, pada akhirnya acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, saya juga menyiapkan booth untuk berfoto dengan tema seminar yang sudah ditentukan maka dari itu, saya dan Salomo cukup bekerja keras demi kelancaran acara dan menyiapkan kenang-kenangan yang baik untuk peserta, pihak Universitas, dan Yayasan Pulih sendiri.

Project yang sedang saya jalankan menjadi tersendat akibat banyaknya kegiatan yang ada, saya juga dicecar dengan berbagai macam laporan yang harus saya kerjakan untuk Yayasan Pulih lalu saya pikir timeline yang sudah dibuat untuk menjalankan projek akan tidak berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat namun saya harus tetap maju untuk menyelesaikan semuanya. Di Yayasan Pulih sendiri saya juga harus membuat perencanaan mengenai waktu konseling antara klien dan psikolog seperti bulan-bulan sebelumnya, lalu saya biasanya melakukannya melalui telepon pulih, sms (short message service), Whatsapp dan faksimile.

Selama bulan Oktober ini, semua rencana yang ada masih menemui kendala terutama dalam proses pelaksananaan, namun semuanya sudah berjalan dengan baik dengan bantuan rekan magang dan staff-staff yang ada di Yayasan Pulih, lalu kegiatan pada bulan ini juga memberikan banyak manfaat terutama dalam pengembangan diri saya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kendala yang saya hadapi dalam bulan ini adalah terhambatnya projek yang sedang saya jalankan dan itu membuat saya semakin sulit dalam penyelesaiannya.

Bulan November

Pada bulan ini saya sering menghadiri acara di Kedutaan Besar Belanda terutama acara peluncuran buku maupun screening movie. Selain berfokus pada tugas yang sudah diberikan oleh Yayasan Pulih, saya juga masih berusaha menyelesaikan project mengenai Rancangan Intervensi yang dicanangkan sejak bulan Agustus, namun sedikit sulit dilaksanakan karena masih banyaknya tugas dari Yayasan Pulih yang harus dikerjakan dan dalam prosesnya membutuhkan waktu yang panjang seperti Safety Audit dan Safety Walk.

Dalam prosesnya saya juga sering menjadi bekerja sendiri terutama dalam hal proses konseling yang ingin dilakukan antara klien dengan psikolog dan tanpa meminta bantuan rekan yang lain sehingga saya sering menjadi kesulitan, entah kenapa saya menjadi individualistis dalam bulan ini. Secara keseluruhan kompetensi teknik kami seperti kemampuan menggunakan perspektif psikologi dalam menjelaskan isu perusahaan, kemampuan menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan solusi, merancang program intervensi, hingga penggunaan teknologi untuk proses evaluasi sudah digunakan dalam dunia magang.

Pada awalnya, saya pikir bulan tersibuk adalah bulan Oktober namun pada kenyataannya bahwa bulan ini dan mungkin bulan selanjutnya akan jauh lebih sibuk dibandingkan bulan Oktober. November ini juga menjadi membuat kerjasama yang ada menjadi lebih sulit untuk dilaksanakan karena terlalu banyaknya klien baru yang ingin konseling dan terbatasnya psikolog yang bisa menanganinya, hal ini membuat menumpuknya daftar klien yang belum bisa ditangani terlebih lagi di dua bulan sebelumnya sudah banyak permasalahan serupa.

Saya menjadi sedikit berbeda daripada bulan-bulan sebelumnya karena di bulan ini saya kurang berkontribusi dalam pengambilan keputusan yang ada, lalu saya cenderung sulit untuk mengambil keputusan yang tepat disebabkan tidak fokusnya saya terhadap pekerjaan. Bulan ini selain menjadi yang terberat, lalu juga sulit untuk mengambil keputusan terutama ketika saya bertugas dalam klinik karena banyaknya klien yang tidak sabaran dan ingin melakukan konseling dengan semaunya sehingga terkadang itu membuat saya bersalah terlebih apabila psikolog yang bersangkutan tidak bisa melakukan konseling. Selain itu saya juga ikut berpartisipasi dalam peluncuran buku, yaitu Perempuan Menulis oleh Madgalena Sitorus, dalam acara tersebut saya mendapat banyak hikmah seperti, memilih mana yang baik dan buruk lalu menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.

Bulan ini menjadi yang terberat dan mungkin bulan selanjutnya juga akan semakin sulit karena banyak hal terjadi dalam masalah teknis seperti timeline yang jauh dari harapan lalu job description mengenai perpustakaan terus berjalan dan ini menjadi sebuah kendala karena disisi lain saya juga harus mengerjakan berbagai macam laporan, projek yang sedang saya jalankan sehingga sulit untuk menentukan mana yang harus menjadi prioritas selama saya magang di Yayasan Pulih lalu proposal skripsi juga harus dikerjakan, masalah-masalah itu yang membuat saya semakin tidak fokus sejak akhir Oktober sampai November ini dan saya menjadi sering sakit pada bulan ini. Untuk mengatasinya saya mencoba untuk tetap fokus dan memutuskan mana yang akan jadi prioritas kerja utama karena akan lebih cepat diselesaikan apabila saya bisa menentukan.

Bulan Desember dan Januari

Banyak hal yang membuat saya bekerja keras di bulan ini terutama dalam hal undangan yang diadakan oleh instansi maupun menghadiri workshop, pada tanggal 10 Desember saya juga menghadiri acara yang diadakan oleh sebuah fakultas Psikologi di Jakarta yang bekerjasama dengan Pulih dalam penyelengaraan acara Psy-Fest lalu saya dan rekan magang lainnya masih harus menjalani Safety Walk dimana kami melakukan safety pin, checklist, dan wawancara di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan dimana setelah melakukan Safety Audit pada sebelumnya ternyata 3 wilayah tersebut yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terhadap pelecehan maupun kekerasan seksual terutama pada wanita.

Proses kerjasama yang terjadi pada bulan ini menjadi yang terbaik diantara saya dan rekan magang karena kami saling mengisi satu sama lainnya terlebih lagi kami seakan “berbagi penderitaan” dalam detik-detik terakhir magang ini karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan dan terbatasnya waktu ditambah lagi didalam setiap rapat maupun kegiatan harus membuat notulensi. Dalam hal ini, kami juga memiliki kesempatan antara saya dengan rekan magang yang lain agar bisa merasakan dan apabila ada kesulitan dalam pengerjaannya rekan magang yang lain siap membantu dengan senang hati. Bulan ini saya juga sering untuk pulang sampai malam dikarenakan tugas yang banyak, karena hal ini saya juga meminta bantuan rekan magang yang lain untuk memahami dan saling menutupi kelemahan satu dengan yang lainnya.

Tugas yang ada di bulan Desember menjadi puncak dari semua tugas yang ada karena saya harus cepat mengambil keputusan terutama ketika melakukan pekerjaan saya sebagai anak magang namun saya menemukan bahwa masih banyak tugas yang dilakukan diluar kemampuan kami dan saya merasakan saya menjadi sapi perah disitu, saya mencoba untuk selalu berfikir positif seperti selalu cepat tanggap apabila ada tugas yang diberikan sebagai hasil dari pengambil keputusan dan saya selalu mencoba fokus terhadap tugas yang diberikan dan mencoba menjadi fleksibel dengan bekerja pada berbagai tugas atau bekerja secara individu, berpasangan, atau dalam sebuah tim.

Soft Skill Self Development

Yayasan Pulih sangat membantu saya dalam berkembang secara individu karena saya harus bekerja secara tim maupun individu yang pada akhirnya menumbuhkan kemampuan dalam diri saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi karena sering melakukan kegiatan yang didalamnya sangat bermanfaat seperti pelatihan. ebuah budaya dominan biasanya memiliki nilai-nilai inti yang dipercayai oleh sebagian besar anggota organisasi. Saya juga menjadi orang yang sangat menghargai waktu selama magang, karena semakin banyak mengulur maka semakin berkurang kesempatan yang saya miliki lalu setelah berjalannya waktu, saya menyadari bahwa Yayasan Pulih membuat saya semakin menjadi orang yang tepat waktu dan selalu memikirkan masa depan.

Saya berpendapat bahwa pengembangan diri adalah kemampuan yang kelak akan saya dapatkan ketika mengikuti proses magang ini karena saya mulai mampu mempengaruhi, mengajak, peduli dengan orang lain dan mempunyai kekuatan untuk menggerakkan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan demi tercapainya tujuan bersam dan hal ini meningkatkan produktivitas dalam penyelesaian berbagai macam masalah, oleh karena itu dalam pandangan ini, terjadinya peningkatan produktivitas tidak hanya dilihat dari aspek kuantitas, tetapi juga dapat dilihat dari aspek kualitas.

Kesimpulan

Hampir selama enam bulan saya menjalani periode magang di Yayasan Pulih dengan Job Position media sosial dan perpustakaan, saya mendapatkan banyak manfaat dan masukan terutama dari segi kemampuan secara verbal menjadi lebih berkembang dan menyadari bahwa kompetensi psikologi yang telah saya pelajari selama kuliah sangatlah penting dikarenakan Yayasan Pulih juga berfokus dalam bidang penanganan kekerasan yang terjadi di Indonesia terutama kekerasan terhadap wanita. Saya juga mempelajari secara sistematis bagaimana sebuah yayasan bisa berdiri dan mungkin bisa saya terapkan dimasa yang akan mendatang karena saya sangat tertarik dengan isu-isu sosial seperti ini lalu proses magang juga membuat saya menjadi dewasa dalam bertindak dan menimbulkan kepedulian yang tinggi terutama terhadap para penyintas yang telah kembali seperti awal selama proses penyembuhan berlangsung.
Saya juga mengapresiasi Yayasan Pulih sebagai tempat pertama saya merasakan betapa sulitnya dunia kerja dan sulitnya untuk melakukan sebuah perubahan demi Indonesia yang lebih baik, banyak kegiatan yang membuat saya mengenal berbagai macam individu maupun kelompok dari latar belakang, suku, agama, ras yang berbeda dan saya sangat senang ketika harus berada di dalam satu ruangan bersama mereka karena saling bercengkerama satu sama yang lain. Selain itu, banyak kemampuan yang banyak saya dapatkan di Yayasan Pulih ini seperti; meningkatnya kemampuan komunikasi, bisa menentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, mengambil keputusan yang benar, merencanakan semuanya dengan matang dan terarah, lalu yang terpenting adalah kemampuan dalam memecahkan masalah juga semakin membaik dimana kelak saya akan menggunakan semua pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik atau untuk melakukan proses skripsi yang sebentar lagi akan saya jalani. Secara keseluruhan, proses ini telah memberikan saya banyak pelajaran dan semoga Yayasan Pulih menjadi lebih baik dan bisa menolong orang-orang yang membutuhkan dengan program-program yang menarik.

Ditulis oleh: Adha Sandy Pradana (1701359291)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close