People Innovation Excellence

REKRUTMEN

Seringkali kita temukan orang sering membolak balik pengertian rekrutmen dengan seleksi. Sesungguhnya kedua kata tersebut  mempunyai pengertian dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan pertama, rekrutmen adalah suatu kegiatan yang mengumpulkan sebanyak mungkin calon untuk dapat kita pilih. Sementara seleksi adalah kegiatan memilah diantara calon-calon yang ada sehingga dari para calon itu diperoleh satu atau sejumlah orang yang terbaik untuk dapat bergabung dengan organisasi kita.

Perbedaan kedua, rekrutmen itu menetapkan persyaratan minimum dalam menghimpun para calon. Sementara kalau seleksi dari sejumlah calon yang memenuhi syarat minimal kita cari kandidat yang jauh diatas syarat minimal.

Jadi secera umum dapat kita katakana bahwa proses rekrutmen bertujuan sebanyak mungkin menghimpun orang-orang yang memenuhi persyaratan. Oleh karena itu rekrutmen bisa menggunakan berbagai media untuk kebutuhan tersebut. Misalnya iklan atau langsung mengunjungi institusi pendidikan.

Sementara kegiatan seleksi adalah mencari kandidat dengan ‘menaikkan’ syarat minimal sehingga diperoleh satu atau beberapa kandidat yang terbaik. Misalnya syarat minimalnya 65. Kemudian kita naikkan menjadi 75 maka akan ada berapa yang memenuhi syarat minimal menjadi tidak terjaring. Demikian seterusnya bisa syarat minimal dinaikkan 85, maka akan makin sedikit kandidat yang terjaring.

Begitulah gambaran yang mudah tentang bedanya rekrutmen dan seleksi.

 

/Jo Rumeser


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close