People Innovation Excellence

handling question

Sebagai mahasiswa, atau apapun yang pernah mengalami sesi presentasi, pasti pernah pula mengalami sesi tanya-jawab kan, ya?

Memang tidak ada persiapan yang lebih baik daripada kita yang benar-benar menguasai apa yang kita presentasikan, sehingga mau ditanya apapun kita siap. Namun, ada beberapa hal pula yang perlu dilatih dan dibiasakan ketika kita berada pada sesi tanya jawab ini. Mengapa? Ini membantu banyak hal, yang jelas meningkatkan kredibilitas kita sebagai seorang presenter profesional. Tips ini diperoleh dari Mrs. Cherry Pearl. Beliau adalah trainer associate Binus Corporate Learning and Development yang sudah mendunia. She is awesome, indeed!

Berikut beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan dan dipenuhi dalam sesi tanya-jawab.

  1. Lemparkan kesempatan untuk bertanya. Tanyakanlah apakah ada audience yang ingin menanyakan sesuatu terkait materi yang diberikan.

  2. Setelah ada pertanyaan, ulang pertanyaannya. Ini untuk menyamakan persepsi, plus, kita mengambil pertanyaan ini bukan hanya dari A ke kita namun dari forum untuk forum.

  3. Setelah itu, baru jawab pertanyaannya. Ingat, jawab pertanyaan. Bukan ngajakin keliling Bogor-Bekasi-Serpong- Cibubur alias muter-muter.

  4. Jika sudah, kembali tanyakan: apakah jawaban yang diberikan sudah menjawab pertanyaan yang dimaksud?

 

Sederhana, kan? Yuk, kita terapkan!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close