People Innovation Excellence

being mindful in presentation

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti rangkaian program pelatihan dengan judul “repack your image”. Pelatihan ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi bagi para kontributor di lembaga pelatihan dan pengembangan di BINUS (BCLD). Senang rasanya, membayangkan akan mendapat banyak sekali insight dan tips yang berharga dalam proses mengajar kelak.

Ekspektasi saya pun, benar lah.

Banyak hal yang saya dapatkan, mulai dari feedback atas performance saya, hingga tips teknis yang, WOW, bermanfaat banget pastinya. Namun, ada satu hal yang jadi highlight bagi saya:

BEING MINDFUL is INDEED NEEDED IN PRESENTATION!

Saat itu, kami semua untuk melakukan aksi “LOOK, LOCK, dan TALK”. Menduplikasi apa yang dilakukan oleh trainer, bagaimana body languange, tone, intonasi, dan tentu saja teks yang harus disampaikan. Sepele, kelihatannya. Hingga saatnya saya pun mencoba.

Entah kenapa hal yang kelihatannya sepele tadi justru tersendat-sendat keluarnya. Pikiran saya berusaha memastikan apa saja yang musti saya lakukan, sembari mencoba membaca – mengingat teksnya-, disatu sisi mulut rasanya ingin nyerocos saja untuk bicara. Plus membayangkan reaksi audience yang bermacam-macam. Blup blup blup… begitu keluarnya. Hahahaha! Aduh! Hingga akhirnya saya dengar trainer bilang “ONE MORE TIME, PLEASE!” Rasanya saya seperti ditarik keluar setelah tercebur dalam kolam dan sempat kebingungan melawan agar tidak tenggelam. Hahahahah! saat itulah “Aha” moment saya terjadi. OMG, where have you been? Rasanya demikian kata saya pada diri saat itu.

Maka di ONE MORE TIME kesempatan, saya tarik napas panjang, being totally aware dengan diri saya, rilex, … and VOILAA! Lancar!

Hihihi. Saat itulah muncul satu lagi list di kepala saya akan manfaat being MINDFUL. being totally aware -being here and now– tanpa judgement. JUST ENJOY the moment!

IT DOES HELP TO IMPROVE YOUR PRESENTATION! 

Email signoff bare

Salam,

(tulisan ini juga dimuat di blog pribadi penulis www.katagita.com )


Published at :
Written By
anggita
lecturer - SCC PIO | Departemen Of Psychology www.katagita.com
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close