People Innovation Excellence

PENDIDIKAN TINGGI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Tidak sedikit anak-anak berkebutuhan khusus yang berusaha untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi.

Di Indonesia sendiri belum banyak perguruan tinggi yang ramah untuk anak berkebutuhan khusus. Perguruan tinggi yang menerima dan menyediakan aksesibilitas untuk mahasiswa berkebutuhan khusus biasanya menyediakan program pendidikan kejuruan seperti Diploma III. Program kejuruan dinilai tepat oleh DIKTI untuk membantu anak berkebutuhan khusus karena program tersebut anak dilatih, dididik, dibekali sehingga dapat menguasai bidang tertentu sesuai kemampuan dan minat mereka. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuka program pendidikan kejuruan sepanjang 6 semester untuk mahasiswa berkebutuhan khusus dengan konsentrasi utama desain grafis, kerajinan tangan, seni dan aplikasi komputer. Program pendidikan ini dilaksanakan secara individu berdasarkan kurikulum yang telah diadaptasi dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Program ini biasanya disebut sebagai IEP (Individualized Education Program) atau Program Pembelajaran Individual (PPI). Output yang didapatkan dari program pendidikan untuk mahasiswa berkebutuhan khusus adalah kemampuan praktis atau keterampilan sesuai dengan minat dan kemampuannya dan menyiapkan mereka untuk berkarya di masyarakat dengan mandiri dan percaya diri. Sebagai sebuah institusi pendidikan, Binus University juga ingin mendukung tercapainya harapan itu, untuk itu  Jurusan dan Lab Psikologi Binus University bekerja sama dengan Mimi Institute untuk menyelenggarakan sebuah program yang bertajuk Intensive Course on Inclusive Education (ICIE). ICIE adalah sebuah program untuk mengedukasi masyarakat mengenai pendidikan inklusi, baik itu manajemennya maupun program pembelajaran individual seperti yang telah disebutkan di atas.

MIMI Institute memiliki DNA menggugah kepedulian masyarakat Indonesia akan pendidikan inklusi dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi ramah pada anak-anak berkebutuhan khusus, untuk itu MIMI Institute melalui program ICIE ingin memperkenalkan pada universitas sebagai institusi pendidikan tinggi yang pasti dan akan menemui calon mahasiswa/I dengan kebutuhan khusus. Program ini dilaksanakan dalam 2 bagian. Bagian pertama khusus membahas pendidikan inklusi dan konsepnya, berkenalan dengan jenis-jenis anak berkebutuhan khusus serta cara berinteraksi dan penanganan belajarnya. Gelombang kedua lebih banyak kegiatan dan penerapan langsung yakni manajemen kelas inklusi dan mengobservasi, membuat profil anak, dan menerapkan Program Pembelajaran Individual (PPI).

Program ICIE diikuti oleh berbagai kalangan yakni dari kalngan akademisi (dosen dan guru), kalangan professional (psikolog, konselor, dan terapis), orang tua yang memiliki anak kebutuhan khusus dan mahasiswa (Sarjana dan Magister). Para peserta berharap kegiatan ini terus dilaksanakan dan diresponi dengan tindakan-tindakan nyata seperti kampanye atau sosialisasi lebih luas lagi. Dengan demikian, masyarakat semakin sadar bahwa anak berkebutuhan khusus ada di antara kita semua dan mereka berhak mendapatkan kesempatan yang sama dengan kita pula.

PhotoGrid_1471507256310

Jika Anda adalah keluarga/sanak-saudara dari anak-anak berkebutuhan khusus namun Anda belum begitu mengerti area-area apa saja yang perlu dikembangkan dan apa yang menjadi kemampuan dan minat mereka, Anda dapat menghubungi Pusat Layanan Psikologi, Lab Psikologi dengan Ms. Febriani, (021)532-7630, ext. 2631 atau fpriskila@binus.edu.  Pusat Layanan Psikologi  menyediakan layanan asesmen dengan tujuan mengetahui jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki (khususnya siswa/I SMA). Dengan demikian, anak berkebutuhan khusus dapat dipersiapkan lagi untuk belajar ke jenjang pendidikan tinggi dan pada akhirnya mereka dapat berkarya bagi masyarakat terlepas dari keterbatasan yang dimiliki.

 

Referensi

Perguruan Tinggi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. (2016). Mother and Baby Indonesia. Diunduh dari http://www.motherandbaby.co.id/article/2014/5/31/2003/Hari-Pendidikan-Nasional-Perguruan-Tinggi-untuk-Anak-Berkebutuhan-Khusus

Tentang Penulis

Febriani Priskila, seorang ilmuwan psikologi khususnya psikologi pendidikan. Berpengalaman sebagai akademisi baik pada pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi.  Tertarik mempelajari dan pernah  meneliti topik-topik terkait pendidikan anak berkebutuhan khusus dan academic engagement.

 


Published at :
Written By
Febriani Priskila
Professional Services Coordinator | BINUS University
Leave Your Footprint
  1. Selamat pagi bu Febri, anak saya Christian usia 18 thn, saat ini kelas 12 SMK jurusan Multimedia. Dia atau tepatnya saya yang merasa kesulitan memilih jurusan yang cocok untuk jenjang yang selanjutnya.kebetulan saya menemukan ada layanan yang ibu berikan untuk orang tua semacam kami. Untuk bisa berkonsultasi bagaimana caranya bu.
    Terima kasih sebelumnya dan terima kasih juga untuk layanan yang ibu buka untukorang tua yang kebingungan macam saya.

    • Yth. Ibu Christie,
      mohon maaf karena respon yang sangat lama ini.
      Semoga belum terlambat.
      Untuk Layanan tersebut, silakan kontak ke Lab Psikologi BINUS di: (021) 5327630 ext. 2631, dengan Ibu Febriani.

      Salam,
      Raymond Godwin

  2. Ibu mau tanya, di PNJ apa ada asramanya utk anak kita yg dr daerah. Trimakasih

  3. Selamat pagi bu febri, saya ingin masuk kuliah tapi karena saya kondisi fisik tidak memungkinkan untuk kuliah dan keluarga tidak mengizinkan saya untuk kuliah terpaksa saya mau tidak mau harus terdiam rumah boleh minta saran tidak bu?

  4. Selamat malam Bu Febri ,saya ingin sekali kuliah jurusan menejemen,namun keluarga saya sibuk berkerja sehingga saya tidak ada yang mengantar saya untuk kuliah,jadi saya ingin masuk asrma yang bisa membantu saya ketika pergi kuliah , apakah di pnj ada asrma yang dapat membantu saya?

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close