People Innovation Excellence

PSYFEST 2016

Salam Semangat, PsyTroopers!! 

Pada tanggal 27 – 28 Mei 2016 kemarin telah terselenggara salah satu proker HIMPSIKO 2016 yang bekerja sama dengan pihak jurusan psikologi yaitu PSY-FEST atau Psychology Festival. PSY-FEST terdiri dari dua rangkaian acara, apa saja sih? yaitu yang pertama ada CCI (Cerdas Cermat Internal) yang telah terselenggara pada tanggal 27 mei 2016, yang bertepatan pada hari jumat. sedangkan rangkaian kedua ialah KRIPI (Kreativitas Psikologi) pada hari Sabtu tanggal 28 mei 2016.

DSC_0287

PSY-FEST pada tahun ini bertemakan SANSAKERTA: “Karsa dalam melakukan seni kreativitas untuk ketrampilan akademik”. dalam menyambut 35 years of BINUS For a Greater Nusantara, kali ini PSY-FEST mengambil konsep tradisional. Wah pasti yang tidak hadir bakalan nyesel banget deh percaya! pokoknya seru banget acara psychology festival karena apa???  karena dalam acara PSY-FEST pada tanggal 28 Mei 2016 itu banyak penampilan-penampilan para mahasiswa-mahasiswi psikologi yang tampil meriah seperti: Anima Musika, Psy-Ang, ka David dkk, ka Budi, dan ka Gatot yang melakukan pertunjukan sulap! dan dalam acara PSY-FEST juga disaksikan oleh mahasiswa/i jurusan psikologi semua angkatan mulai dari angkatan 2019,2018,dan 2017 ikut menyaksikan jalannya acara PSY-FEST. Wah kebayangkan ramainya seperti apa? jarang-jarang loh semua angkatan dapat berkumpul dalam satu event!!! pasti kebayang serunya kan? iyakan hayo jujur!!! haha dan masih banyak lagi loh yang ikut serta untuk memeriahkan acara PSY-FEST seperti bazzar, finalis CCI, dan Presentasi kelompok terbaik KRIPI.

DSC_0275

Apa sih CCI itu ??

Jadi CCI atau Cerdas Cermat Internal itu merupakan lomba cerdas cermat psikologi yang diikuti oleh 3 angkatan, yaitu angkatan 2017,2018 dan 2019. Cerdas Cermat Internal itu sendiri terdiri atas 4 babak, babak pertama yaitu babak pilihan ganda dan isian, setiap tim harus menjawab dalam jangka waktu yang ditentukan, babak kedua yaitu babak true flag, dimana peserta saling berpunggungan dan diberikan pernyataan dan diberikan waktu selama 1 menit untuk berfikir kemudian peserta diminta untuk mengangkat bendera, apabila menurut peserta jawabannya benar maka peserta mengangkat bendera berwarna hijau dan jika menurut mereka salah mereka mengangkat bendera merah, babak ketiga yaitu quick fire, dimana masing -masing tim yang lebih cepat menekan tombol bel dan memberikan jawaban yang benar akan mendapatkan point, Dan babak keempat analisa kasus. Setelah peserta melewati 3 babak penyisihan, didapatkanlah 3 tim masing-masing dari perwakilan tiap angkatan untuk masuk ke babak keempat, babak keempat yaitu “analisa kasus”, dimana ketiga tim diberikan sebuah kasus dan mereka harus menganalisisnya menggunakan teori-teori yang terkait setelah itu mempresentasikannya dihadapan juri. dan untuk babak keempat akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2016 yang bertepatan pada acara KRIPI.

DSC_0216

Apa sih KRIPI itu ??

KRIPI atau Kreativitas Psikologi merupakan wadah para mahasiswa psikologi untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka atas tugas-tugas mata kuliah terkait. KRIPI itu sendiri diikuti oleh seluruh 3 angkatan mahasiswa psikologi yaitu 2017,2018 , dan 2019. Yang menariknya tiap angkatan berbeda loh penyajiannyaa.. Angkatan 2017 sendiri dituangkan dalam tayangan video, untuk angkatan 2018 dituangkan dalam sebuah paper hasil penelitian eksperimen dan video, sedangkan 2019 berupa poster atas penelitian yang mereka jalani. Lalu setelah karya para peserta KRIPI itu dikumpulkan, mereka akan menjalankan proses screening oleh para juri. Dimana dalam proses Screening, akan ada 2 kelompok yang terpilih sebagai karya terbaik untuk masing-masing kelas di setiap angkatan 2017,2018,dan 2019.  lalu, untuk para peserta yang lolos pada tahap screening dan terpilih sebagai karya terbaik itu akan mempresentasikan hasil karyanya di hadapan juri dan penonton. sedangkan untuk karya peserta KRIPI yang tidak lolos pada tahap screening akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi karya ter-favorit. dimana para penonton akan mengunjungi venue-venue seperti: venue poster,video,dan paper. dan nanti setelah itu para penonton akan mem-voting untuk poster,paper,dan video yang menurut mereka menarik.

DSC_0354

 

DSC_0338

Menarik sekali bukan acara PSYFEST kemarin?? Pastinyaa 🙂 

Dengan terselenggaranya PSYFEST kemarin, maka terlaksanalah satu proker lagi dari HIMPSIKO. Masih banyak proker-proker lain di depan yang akan dilewati, semoga para pengurus,aktivis HIMPSIKO serta para psytroopers yang lain tetap semangat dalam melaksanakan proker-proker kedepannya. Dan semoga kedepan proker kami berjalan dengan sukses seperti PSYFEST kemarin. Amin…

DSC_0799

HIMPSIKO…. Go….Fight….Win!


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close