People Innovation Excellence

Psikologi BINUS menjuarai Perlombaan Cerdas Cermat PSYCHOBIG 2015

Tanggal 11 Oktober lalu, Tim perwakilan Psikologi Bina Nusantata kembali meraih prestasi yang membanggakan dengan membawakan piala Juara Umum dari Perlombaan Pychology Brilliant Generation 2015 yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universtias Diponegoro.

1448871340053

Tim yang terdiri dari tiga anggota Binusian 2016 Marcellino Yohanes, Vivi Angelina dan Tommy Prayoga berhasil melewati ke lima babak dalam lomba ketika berhadapan dengan Universitas-universitas negeri seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro serta berbagai universitas lainya. Lomba ini merupakan lomba terakhir yang akan diikuti tim yang sebelumnya menjuarai peringkat 1 dan 2 di ajang LCC Maranatha Mei lalu. Terlepas dari kesibukan di semester akhir bersamaan dengan penugasan Magang serta penyusunan skripsi, ketiga anggota tetap menghadapi perlombaan dengan cukup santai dan tenang. Ketiganya, ketika ditanya, tidak merasakan beban yang terlalu berat dan lebih nyaman dari lomba yang diikuti sebelumnya. Hal yang cukup mengkhawatirkan adalah mengejar yang tertinggal dalam perkuliahan.

1448871346387

Lomba terdiri dari 5 babak utama. Babak pertama merupakan perlombaan Isian dimana anggota diminta untuk mengisi 120 soal dalam waktu 1 jam. Babak kedua merupakan babak permainan, ketika anggota diminta untuk mempertaruhkan poin yang dimenangkan dan kemudian per anggota dipisah untuk menjaga di post masing masing. Cukup menarik. Anggota pada post pertama harus memilih sebuah soal yang bisa dijawab oleh anggota kedua, tanpa berkomunikasi. Disini, kepercayaan dan pemahaman sesama anggota sangat krusial. Jika anggota kedua benar menjawab, maka ia harus menyerahkan sebuah potongan puzzle yang harus diberikan kepada anggota ketiga. Anggota ketiga harus menyusun, menempel dan menebak tokoh yang ebrada dalam puzzle dalam waktu sesingkat mungkin. Untuk tim Binus, setelah dua potong puzzle dan 2 menit berlalu, berhasil menebak dan maju ketahap selanjutnya. Pada babak tiga, sepuluh tim yang tersisa dipecah menjadi 2 kelompok beranggotakan lima tim dan diadukan untuk menjawab pertanyaan dengan clue tertentu. Setelah kedua kelompok selesai diadu, yang tersisa ke babak empat adalah lima tim mencakup Tim BINUS, Tim UI, Tim UNJ, Tim UNS dan Tim Universitas Diponegoro. Pada babak empat yang diadakan di Balai Kota Semarang, pertaruhan kembali terjadi. Setiap kelompok harus memilih satu anggota untuk maju, memilih topik pertanyaan secara acak dan menjawabnya dihadapan Para Juri. Tiga tim yang akhirnya lolos ke babak Final adalah Tim UI, Tim UNJ dan Tim BINUS, Maroon Kuning Hijau. Babak terakhir merupakan babak presentasi. Bertemakan topik klinis-forensik, peserta diberikan persoalan kasus yang cukup rumit yang diangkat dari kasus asli. Diberikan setiap peserta waktu 20 menit mempersiapkan dan 10 menit untuk mempresentasikan hasil disksusi persoalan didepan juri. Kemudian, setelah semuanya selesai maka Juri diminta untuk merumuskan siapa pemenangnya, hampir 2 jam kemudian.

1448871364233

Pada akhir pengumumanya, Tim Binus yang dari babak pertama sampai babak akhir mempertahankan posisi pertama, berhasil meraih 3 keping medali emas dan piala setinggi 1,2 meter untuk dibawa pulang ke rumah jurusan psikologi. Prestasi ini merupakan ukiran terakhir nama BINUS oleh ketiga anggota di ajang nasional, sekaligus merupakan ajang penyerahan obor olimpiade kepada generasi selanjutnya.

1448871422030

by: Tommy Prayoga


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close