04 Oktober 2015

Inilah hari yang ditunggu-tunggu, lebih dari 50 Anak-anak dari Yayasan Al Abror, Kemanggisan, memenuhi tempat berlangsungnya kegiatan Amal yang diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi (HIMPSIKO) Bina Nusantara yang bernama “Psycare – One Hand Can be a Thousand”. Dalam kesempatan kali ini, saya mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama Mahasiswa Psikologi Binus dan Anak-anak yatim dan kurang mampu dari Yayasan Al Abror. Suatu hal yang membahagiakan bisa bermain dan berbagi ilmu di hari Minggu yang cerah.
Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, disini, saya akan melanjutkan cerita bagaimana keseruan yang kami alami ketika bermain dan berbagi dalam kegiatan ini. Pada pembukaan acara, kami diinstriksikan oleh panitia agar membagi menjadi 8 kelompok. Dalam 1setiap kelompok terdapat Mahasiswa Psikologi Binus akan ditugaskan sebagai Mentor dan Membantu adik-adik selama kegiatan berlangsung. Ternyata kegiatan yang akan kami lakukan adalah Membuat Hewan Laut! Inilah kegiatan yang kami tunggu-tunggu. Adik-adik sangat antusias dalam membuat Prakarya dari Clay ini, namun adik-adik mengalami kesulitan karena banyak yang belum pernah menggunakan Clay. Karena Mahasiswa Psikologi Binus sudah melakukan simulasi sebelumnya, maka inilah tugas mereka membatu adik-adiknya dalam mengerjakan permainan ini.
Dalam kegiatan ini, mereka tidak hanya membuat hewan laut dari Clay, tetapi mereka juga ditugaskan untuk membuat cerita yang bertemakan, “Jagalah Kelestarian Laut Kita”. Mereka bebas menentukan tokoh dan latar tempat sesuai dengan kreasi mereka. Panitia sudah menyiapkan krayon, pensil warna, dan kertas karton untuk membuat sebuah latar tempatnya. Kegiatan ini berlangsung selama 1 jam dan bagaimana hasilnya? Ini dia!

20151008162636

Sangat terlihat betapa mereka sangat antusias mengerjakan permainan ini, selain adik-adik mendapatkan keterampilan dalam membuat prakarya dari clay, adik-adik juga mendapatkan pengetahuannya untuk menjaga keindahan dan kelestarian laut, karena Indonesia juga merupakan negara kepulauan ke 4 terbesar di Dunia. Alangkah bijaknya bila kita sebagai warna negara Indonesia bisa melestarikan keindahan laut dengan cara Menjaga Kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Semoga kita dapat berjumpa lagi Tahun Depan!