People Innovation Excellence

Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Personal Trainer Fitness First

 Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Personal Trainer Fitness First

Proposal Penelitian

Oleh :

Faidah Tyara Odelia Mirantie

1601285020

Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara

Jakarta

2015

 

1.1. Latar Belakang

Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang bisnis baik jasa maupun barang. dimana organisasi ini berorientasi pada keuntungan yang diperoleh. Dalam memenangkan persaingan pasar setiap perusahaan di tuntut untuk dapat menghasilkan produk atau jasa yang berdaya saing tinggi dan memiliki keunggulan yang lebih baik dari produk atau jasa lain.

Untuk mendapatkan produk atau jasa yang baik, tentu di butuh kan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik pula dan dapat menciptakan hal baru yang unik dan berbeda dari yang lain. Untuk itu kinerja karyawan yang baik sangat di butuhkan disini untuk mendapatkan keuntungan yang besar bagi perusahaan tersebut. Demi mendapatkan karyawan yang sesuai dengan yang diharapkan sebuah perusaan biasanya memberikan pelatihan sebelum merekrutnya menjadi karyawan tetap.

Mengatur karyawan yang memiliki kinerja yang kurang sesuai dengan yang di harapkan bukanlah hal yang mudah bahkan oleh HRD yang sudah berpengalaman sekalipun. Dalam hal ini penangannya tidak hanya berpusat pada menurunnya hasil kerja dari karyawan tersebut, namun juga harus memperhatikan hal-hal apa saja yang mempengaruhi menurunnya kinerja mereka. Stres kerja juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut, stress kerja menurut beberapa ahli :

Beehr dan Franz (dikutip Bambang Tarupolo, 2002:17), mendefinisikan stres kerja sebagai suatu proses yang menyebabkan orang merasa sakit, tidak nyaman atau tegang karena pekerjaan, tempat kerja atau situasi kerja yang tertentu.

Menurut Pandji Anoraga (2001:108), stres kerja adalah suatu bentuk tanggapan seseorang, baik fisik maupun mental terhadap suatu perubahan di lingkunganya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.

Gibson dkk (1996:339), menyatakan bahwa stres kerja adalah suatu tanggapan penyesuaian diperantarai oleh perbedaan- perbedaan individu dan atau proses psikologis yang merupakan suatu konsekuensi dari setiap tindakan dari luar (lingkungan), situasi, atau peristiwa yang menetapkan permintaan psikologis dan atau fisik berlebihan kepada seseorang.

Dari kesimpulan yang kita baca stress kerja merupakan hal yang sangat penting di perhatikan oleh para HRD ataupun atasan, agar kinerja yang di berikan oleh karyawannya baik dan memberikan kepuasan bagi pengguna jasa. Itulah yang melatar belakangi saya untuk meneliti hal tersebut, karena tidak sedikit orang yang mengkomplain hal tersebut.

 

1.2 Variable

  1. Stress Kerja

Stres kerja adalah suatu perasaan yang menekan atau rasa tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaannya (Anwar Prabu, 1993: 93).

  1. Kinerja Karyawan

Kinerja dapat di definikan dengan hasil kerja karyawan / prestasi kerja.

 

1.3 Hubungan antar Variabel

Stress merupakan hal yang sangat mengganggu, apalagi stress dalam pekerjaan akan sangat mengganggu bagi para penderitanya. Stress kerja dapat berdampak apa saja untuk karyawan, salah satunya stress kerja dapat berdampak pada kinerja karyawan.

Stress kerja dapat terjadi dengan berbagai macam faktor di antaranya :

Ada 4 Penyebab Stres Kerja Menurut Gibson dkk (1996:343-350) yaitu:
1) Lingkungan fisik: Penyebab stres kerja dari lingkungan fisik berupa cahaya, suara, suhu, dan udara terpolusi.
2) Individual: Tekanan individual sebagai penyebab stres kerja

 

3) Kelompok: Keefektifan setiap organisasi dipengaruhi oleh sifat hubungan diantara kelompok. Karakteristik kelompok menjadi stresor yang kuat bagi beberapa individu. Ketidakpercayaan dari mitra pekerja secara positif berkaitan dengan peran ganda yang tinggi, yang membawa pada kesenjangan komunikasi diantara orang- orang dan kepuasan kerja yang rendah. Atau dengan kata lain adanya hubungan yang buruk dengan kawan, atasan, dan bawahan.
4) Organisasional: Adanya desain struktur organisasi yang jelek, politik yang jelek dan tidak adanya kebijakan khusus.

Kinerja yang buruk sangat tidak menguntungkan baik bagi karyawan tersebut, atasan, ataupun konsumer.

1.4 Hipotesa

Berdasarkan atas uraian di atas, maka dapat di ajukan hipotesa :

Bahwa terdapat korelasi antara stress kerja dan kinerja karyawan dengan itu, stress kerja merupakan hal yang penting untuk di pikirkan dan dicari solusinya agar terpenuhi semua yang diharapkan bagi penderita, atasan ataupun pengguna jasa/ konsumen. Kinerja pada personal trainer Fitness First merupakan hal yang juga penting untuk di lihat karena tidak sedikit member yang complain tentang kinerja mereka.

faidah


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close