People Innovation Excellence

PENGARUH EMPATHY-ALTRUISM TERHADAP INSTRUMENTAL AGGRESSION

Andre – 1601274931

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang

Dewasaini, seringkalikitamenemukanadanyaperilakukekerasan yang meliputiagresi (aggressive behavior)padalingkungansosial di sekitarkita.Sebutsajaperilaku-perilakutersebutsepertimisalnyaadalahpenganiayaanfisik/mental, perampokan, pemerkosaan, dansebagainya.Perilaku-perilakutersebutdapatmengancamkeamanandankenyamananlingkungansosial, sertadapatmeningkatkanpotensiangkakriminalitas dimasadepan. Banyakpenelitian yang menjelaskanbahwaperilakukekerasandisebabkanadanyakonsep modeling padaduniahiburan, contohnya video game.Seiringberjalannyaperkembanganteknologi yang semakinterbukadenganhal-hal yang menampilkankekerasan, kecenderunganakanmasyarakatuntukterpengaruhjugasemakinbesar.Untukitu, diperlukanadanyaupayauntukmencegahterjadinyaperilakukekerasanpadamasyarakatsosial.Dalamsuatupenelitian yang dilakukanolehCialdini, Robert B.; Kenrick, Douglas T., dijelaskanbahwakonsep hedonisticpada altruism melihatbahwaperbuatanbaikdidorongolehpengalamansosialisasidankepuasanakandiriseseorang.Adapulapenelitian lain yang dilakukanoleh Craig A. Anderson dan Brad J. Bushman, menjelaskanbahwa video game yang memilikiunsurkekerasanmeningkatkangairahfisiologisdanpemikiran-pemikiransertaperasaan yang berhubungandenganagresi. Namunpenelitian kali iniakanmembahashubungan di antarasikapempati yang diliputiolehaltruisme (empathy altruism) denganperilakuagresi (aggression).Demikian, penelitian kali iniadalahserupaupayauntukmengurangiperilakuagresi yang terjadipadalingkunganmasyarakat.

 

1.2 RumusanMasalah

Berdasarkanpendahuluandiatas, makamasalahdalampenulisaninidapatdirumuskansebagaiberikut:

  1. Apakah altruism mempengaruhipotensiterjadinyaperilakuagresi?
  2. Bagaimanaupayauntukmengurangijumlahperilakuagresi yang terusmeningkat?

 

 

1.3 TujuanPenelitian

Tujuan yang ingindicapaidalampenulisaniniadalah:

  1. Untukmenghimbauperan altruism dalamlingkungansosial.

 

1.4 ManfaatPenelitian

  1. Bagipembacasecaraumum, penulisaninibermanfaatsebagaiinformasiakanperan altruism padalingkungansosial.
  2. Bagipelajar, penulisaninibermanfaatsebagaipembelajaranmengenailingkungansosial.
  3. Bagipeneliti, penulisaninibermanfaatsebagaireferensiuntukinformasimengenaipengaruh altruism padaperilakuagresi.

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

1.1 Empathy-Altruism Hypothesis

Definisidariempatiitusendiriadalahkemampuanuntukmemposisikandiripadaseseorang yang bertujuanuntukmerasakanpengalamandanemosi yang dirasakanoleh orang lain. Dalamteori Batson (1991) mengenai Empathy-Altruism Hypothesis, menjelaskanbahwaketikaseseorangmerasakanempatiterhadap orang lain, makaiaakanmenolong/membantu orang tersebuttanpamemperhatikanapa yang iadapatdari orang tersebut.Variabel yang akandiukurberdasarkanteoriiniadalahperilakumenolongtersebut.

 

1.2. Instrumental Agression

Menurut Berkowitz (1993), Instrumental Aggression adalahsebuahtujuanuntukmelukai orang lain, namunperilakutersebutdilakukansebagaialatuntukpencapaiantujuandaripadauntukmenyebabkanluka.Variabel yang akandiukurberdasarkanteoriiniadalahperilakukekerasan yang didasariolehkepentinganpribadi.

 

1.3 HubunganAntaraEmpathy-Altruism HypothesisdanInstrumental Aggression

Dikatakanbahwaketikatingkatakanempatitidakterlalubesar, makaseseorangakanlebihpeduliterhadapself-interest yang dimilikinya. Sedangkan Instrumental Aggression adalahperilakukekerasan yang digunakansebagaialatpencapaiantujuanseseorang.Penulisan kali inibertujuanuntukmelihatkerelaanseseoranguntukmelakukankekerasan demi kebutuhannya, yang manasituasi yang terjadiadalah orang tersebutpernahmengalamikekerasantersebutsebelumnya.Situasiiniterkaitdengankonflik yang terjaditerhadaptingkatempatidenganself-interest yang kemudianakanmempengaruhiperilaku orang tersebut.

1.4 Hipotesis

Adapulahipotesis yang ingindikemukakanolehpeneliti, antara lain:

  1. Empathy-Altruism HypothesisdanInstrumental Aggressionsalingmempengaruhi.
  2. Instrumental Aggression menunjukkanangka yang rendahdibandingkan Empathy-Altruism ketikaseseorangpernahmengalamiperilakukekerasanserupa sebelumnya.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close