People Innovation Excellence

Pengaruh Pengkondisian Konsentrasi Terhadap Efisiensi Pengerjaan Tugas

Pengaruh Pengkondisian Konsentrasi Terhadap Efisiensi Pengerjaan Tugas

Evania Theofia1701300773

evaniatheofila04@gmail.com

Ferina Wahyu Handayani 1701361176

ferina.handayani@yahoo.com

Geovina Yanita 1701314324

geovinayanita@gmail.com

Inas Zein Tahany 1701310446

inaszeintahany@gmail.com

Lisna Octavianti 1701361283

lisna.oct@gmail.com

Levana Karina R 12009660080

karinalevana@yahoo.com

 

 

Abstrak

Penelitian ini dilandasi pada kenyataan bahwa daya tahan konsentrasi belajar mahasiswa yang tergolong rendah. Konsentrasi dapat ditingkatkan dengan melakukan pemadaman rangsangan-rangsangan yang bersifat mengganggu yang dapat menarik perhatian secara spontan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengkondisian konsentrasi terhadap efisiensi pengerjaan tugas. Partisipan dipilih secara convenience yang terdiri dari 30 mahasiswa Universitas Bina Nusantra. Partisipan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol terdiri dari 15 orang mahasiswa,  dan kelompok eksperimen terdiri dari 15 orang mahasiswa. Semua partispan diminta untuk mengerjakan tugas calculation yang terdiri dari 5 bagian dimana kelima bagian tersebut saling berkelanjutan dan berkaitan.Mereka diharapkan dapat melihat koherensi dari tugas tersebut dan menghubungkannya menjadi satu kesatuan soal berhitung. Hasil inferensi statistik yang dihitung dengan independent t- test menyatakan tidak terdapat pengaruh antara grup yang konsentrasinya tidak dikondisikan dan dikondisikan (t=-.417; p<0.680). Meskipun terdapat perbedaan rata-rata antara mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan konsentrasi penuh daripada yang tidak, tetapi perbedaan ini sangat kecil untuk memberikan hasil signifikan yang dapat menolak hipotesa penelitian ini (-4.667). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pengkondisian konsentrasi yang signifikan terhadap efisiensi pengerjaan tugas.

Keywords:   pengkondisian konsentrasi, efisiensi, pengerjaan tugas, konsentrasi


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close