People Innovation Excellence

PENGARUH DISTRAKSI MUSIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSENTRASI INDIVIDU

Eric Gregorius 1501182444

hell_cing@yahoo.com

Wisnu Adi Nurcahyanto 1701325580

wisnuadi95@yahoo.com

Yolanda Caroline 1701362323

yalyollogy@yahoo.com

Yonathan Garcia 1701360053

yonathangarcia36@yahoo.com

eksperimen  - Blank (1)

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif tentang tingkat konsentrasi individu saat adanya distraksi, mengetahui sejauh mana fokus individu dengan apa yang sedang dihadapinya. Konsentrasi dapat ditingkatkan dengan melakukaneliminasiterhadap rangsangan-rangsangan yang bersifat mengganggu yang dapat menarik perhatian secara spontan. Subjek dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berada di lingkungan Universitas Bina Nusantara.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah randomassignment dengan subjek sebanyak 30 orang.Untuk melihat suatu pengaruh perlakuan atau intervensi terhadap target perilaku dalam penelitian ini, maka digunakan metode penelitian true experimental yang menggunakan desain eksperimen between subject. Perlakuan kepada subyek berupa teknik dengan menggunakan alat reaction time bunyi dan musik dengan genre berbeda sebagai distraktor, data mengenai tingkat konsentrasi individu ketika adanya distraksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa distraksiyang disebabkan musik terbukti memberikan pengaruh dalam peningkatan kemampuan konsentrasi. Oleh karena itu musik dapat menjadi distraktor untuk menentukan seberapa besar peningkatan kemampuan konsentrasi individu.

Kata kunci : konsentrasi, distraksi, individu, fokus, musik


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close