People Innovation Excellence

PENGARUH PEMBERIAN BAU LAVENDER VANILLA DENGAN INTENSITAS TINGGI TERHADAP KONSENTRASI

Bernadette Nathania Octaviana – 1701294612

thaniaa.facinelli@gmail.com

Febriyanti Anindya Wulandari 1701363963

fawulandari@gmail.com

Fatira Zahra – 1701348956

zahra.fatira@yahoo.co.id

Siti Syarah Antika – 1701353634

antikasyarah22@yahoo.com

Wan Sheyla Assyifa – 1701289972

wansheyla@hotmail.com

Husien – 1701321582

husien74@gmail.com

Brochure&More_05

ABSTRAK

Bau merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Bau adalah apa yang dapat ditangkap oleh indera penciuman kita. Ada berbagai jenis bau dalam kehidupan sehari-hari, dan bau yang diterima dengan intensitas yang cukup tinggi menjadi sulit untuk dinikmati dan mengganggu konsentrasi seseorang. Konsentrasi adalah melakukan tindakan atau kegiatan secara bersungguh-sungguh dengan memusatkan seluruh panca indera manusia seperti pendengaran, penglihatan dan penciuman. Konsentrasi diperlukan dalam berbagai kegiatan yang menjadi rutinitas seseorang setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah benar terdapat pengaruh pemberian bau lavender vanilla dengan intensitas tinggi terhadap konsentrasi seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksperimen between subject design: two independent groups design. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling atau random assignment dimana setiap orang dari populasi yang sudah ditentukan memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa sebanyak 40 orang. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah finger dexterity dan selanjutnya dianalisa menggunakan uji chi-square pada SPSS. Setelah melakukan uji chi-square, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,128 (>0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh pemberian bau lavender vanilla dengan intensitas tinggi terhadap konsentrasi seseorang.

 

Kata kunci: Bau, Intensitas Tinggi, Konsentrasi, Indera Penciuman


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close