People Innovation Excellence

CCI PSIKOLOGI BINUS

Selamat Pagi!

Dalam kesempatan kali ini saya akan meceritakan event yang baru saja terjadi beberapa hari yang lalu, yaitu CCI. Apasih CCI itu? Jadi, CCI itu merupakan Cerdas Cermat Internal yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi BINUS Univeristy bekerja sama dengan jurusan. CCI ini merupakan event yang kedua kalinya diadakan setelah dua tahun yang lalu diadakan, dan kali ini tema yang kami usung adalah LENSA yang berarti to Live, Engage, Needed, Strive, and Achive. Tema ini merupakan ide dari salah satu panitia acara kami yaitu Manggala Bagaskoro. Kegiatan ini diikuti oleh tiga angkatan dari mahasiswa psikologi binus angkatan 2016,2017, dan 2018. Masing-masing angkatan perkelas harus mewakili dua tim dengan anggota sebanyak tiga orang per tim.

DSC_0801Karena notabennya acara CCI ini merupakan ajang perlombaan dalam bidang akademis, maka sebelum hari perlombaan diadakan, kami mengadakan TM di hari Jumat, 5 Juni 2015 jam 13.00 WIB hingga selesai. Pada TM ini kami menjelaskan bagaimanasih perlombaan akan berlangsung secara apaajasih yang harus dibawa peserta saat hari H dan peraturan-peraturan umum yang seharusnya ditaati.

Sabtu, 6 Juni 2015

Pagi hari sekali jauh sebelum acara dimulai panitia sudah berkumpul untuk melakukan persiapan dan briefing agar acara terlaksana dengan lancar. Dengan tema pakaian preppy looks panitia sudah siap dengan tugasnya masing-masing. Pukul 08.00 peserta sudah mulai berdatangan dengan almamater yang diwajibkan yang sudah diinfokan pada saat TM. Peserta melakukan registrasi di meja registrasi dengan PIC absen masing-masing untuk masing-masing angakatan. Setelah melakukan registrasi acarapun dimulai dengan pembukaan yang dibimbing oleh dua MC kami, yaitu Kak Paul dan Kak Diva

Paul DivaSetelah acara dibuka oleh kedua MC dan melakukan doa, acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan diawali oleh saya sendiri sebagai ketua acara, kemudian Ketua HIMPSIKO Najmuddin Somadi dan Ketua Jurusan kita Pak Raymond. Setelah sambutan, MC memperkenalakan PIC kelas masing-masing angkatan dan peserta diminta untuk mengikuti PIC mereka menuju ruangan. Ohiya, PIC tidak sendirian tetapi ditemani juga oleh Scorer danTime Keeper.

Dalam ruangan peserta duduk sesuai dengan timnya masing, PIC membacakan peraturan kemudian membagikan soal yang berada di dalam map. Peserta mengerjakan soal babak pertama selama tigapuluh menit yang berisikan tiga materi matakuliah yang berbeda.

30 MenitSetelah 30 menit berlalu babak selanjutnya adalah babak gambling, di babak ini peserta mempertaruhkan nilai yang sudah diberikan sebelumnya yaitu sebanyak 500. Peserta boleh mempertahuhkan nilai sebanyak kelipatan 10 jika jawaban benar maka nilai akan ditambahkan namun jika salah nilai akan dikurangkan sebesar nilai yang telah mereka pertaruhkan. Mulai di babak ini terjadi beberapa hal yang seru dari masing-masing kelas, seperti satu kelas memberikan jawaban yang sama namun serentak jawaban tersebut adalah jawaban salah. Babak kedua selesai, peserta dipersilahkan istirahat sekaligus menunggu pengumuman siapa yang lanjut ke babak berikutnya. Saat istirahat ini kami memberikan sebuah suguhan hiburan dari salah satu mahasiswa psikologi Binus, yaitu Bilal Ahmad Indrajaya yang berkesempatan menyanyikan empat buah lagu.

IstirahatSetelah beristirahat yang cukup panjang dan lama, peserta berkumpul lagi di Hall Kijang, menantikan pengumuman, sebelum pengumuman peserta dan panitia melakukan ice breaking yang dipandu oleh MC. Dan saatnya telah tiba, yaitu pengumuman siapa yang masuk ke babak berikutnya. Untuk angkatan 2016 dan 2018 ada empat tim yang masuk ke babak ke tiga ini, dan untuk angkatan 2017 ada tiga tim.

Di babak ketiga ini merupakan babak quick fire peserta harus menekan bel untuk menjawab pertanyaan, sama seperti babak-babk berikutnya sebelum babak dimulai PIC membacakan peraturan. Di babak ini ruangan ssemakin ramai, selain karena bunyi bel yang nyaring, tetapi juga kehebohan penonton dan peserta sendiri khususnya peserta dari angkatan 2016. Untuk babak ke-3 menuju babak ke-4 peserta tidak harus menunggu lama melihat siapa pemenang dari masing-masing angkatan, karena pada babak ini score ditunjukkan secara langsung. Dan hasilnya perlombaan di babak ini semakin menarik dan menyenangkan.

FinalBabak final, babak final kali ini merupakan babak dimana para peserta dari masing-masing angkatan dengan nilai tertinggi akan mendiskusikan sebuah kasus. Kasus kali merupakan kasus dari mata kuliah perkembangan.. Peserta diharuskan menganalisa kasus dan dibuat dalam bentuk presentasi dalam waktu 30menit, setelahnya peserta diwajibkan mempresentasikan hasil diskusinya di Hall Kijang. Pada kesempatan kali itu juri yang berkesempatan hadir adalah Pak Yo, Bu Isti dan Kak Pingkan. Setelah semua peserta melakukan presentasi, dosen melakukan diskusi untuk membahas siapa yang akan memenangkan cerdas cermat internal tahun ini.

Selagi para dosen melakukan diskusi di luar, Hall Kijang, pengisi acara menemani peserta dan penonton menunggu pengumuman. Kali ini pengisi acara masih berasal dari angkatan 2017, mereka adalah Kak Aleta, Kak Japro, dan Kak Reno yang menyanyikan empat lagu. Sore itu, semua ikut bersenandung bersama pengisi acara. Setelah selesai menyanyikan lagu waktunya pengumuman, namun sebelum pengumuman Kak Pingkan memberikan feedback bagi setiap peserta. Dan pada akhirnya MC dan Kak Pingkan membacakan pemenang CCI tahun ini.

Pemenang1Juara pertama dimenangkan oleh angkatan 2018, mereka adalah Gio, Aldo, dan Ivana. Sedangkan juara kedua dimenangkan oleh angkatan 2016, mereka adalah Amanda Giovani, Milda, dan Annisa. Dan juara ke-3 dimenangkan oleh angkatan 2017, dimana pesertanya adalah stella wong, cindi nabillah, annisa nur ahlina.

DSC_0978DSC_0979DSC_0980

Selamat bagi para pemenang, dan yang belum berkesempatan untuk menang jangan bersedih, karena masih banyak kesempatan dilain waktu 🙂

Pemenang2Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada dosen, panitia,pengisi acara, MC,peserta, dan semua yang telah terlibat dan mendukung acara ini. Semangat!

Penulis: Fanny Chairunnisa

Editor: Berdi Dwijayanto

DSC_0899

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close