People Innovation Excellence

BINUS Raih Best Speaker di PICASO 2015

44765

Pada tanggal 22-25 Mei 2015, Universitas Soegijapranata mengadakan event PICASO (Psychology Soegijapranata Academic Competition). Universitas Bina Nusantara mengirimkan 2 tim yang masing-masing adalah Wilson Tanvis (1601261696), Rigella Ribka (1801436902), Pratiwi Hozeng (1801444766) sebagai tim BINUS A dan tim lainnya adalah Giovanni Christine Tardy (1801399900), Renanda Farah Diba Saqinah (1801444596), Siti Annisa Faraz (1801437395) sebagai tim BINUS B, selain itu juga ada Jeremy Kristanto (1601235911) sebagai pendamping kedua tim selama PICASO di Semarang.

Menggunakan jasa kereta api, para pejuang tiba di Semarang pada tanggal 21 Mei disambut oleh Hani dan Wanda yang merupakan LO kami dari Universitas Soegijapranata. Dari stasiun, kami diantar tim LO menuju penginapan dan mengambil waktu 3-4 jam untuk beristirahat sejenak. Sekitar pukul 14.00, sehabis makan siang, kedua tim memulai aktivitas dengan bedah mosi sampai latihan public speaking. Tentu saja tim tidak lupa menyempatkan diri untuk menikmati suasana malam di kota Semarang disekitar penginapan sebelum tidur.

Keesokan paginya, LO menjemput dan mengantar tim menuju Universitas Soegijapranata. Hari pertama diisi dengan talkshow mengenai pendidikan seks unrtuk anak, disertai dengan games yang berisi dinamika perkenalan dan technical meeting dari perlombaan debat ini. Seusai itu, seluruh peserta dan pendamping dari 16 universitas berbeda, dengan total 24 tim diantar ke penginapan di Diklat PMI (Palang Merah Indonesia). Setelah makan malam, tim kembali berkumpul dan melakukan latihan singkat serta mempersiapkan diri dengan merancang strategi sebelum tidur.

Pada tanggal 23 Mei 2015, merupakan fase penyisihan, terdapat 3 babak yang dilaksanakan untuk menentukan 8 tim yang lolos ke babak perempat final. Pada babak pertama, Tim Binus A dan Binus B berhasil mengalahkan tim dari Universitas Yarsi dengan margin 1 dan tuan rumah, Universitas Soegijapranata dengan margin 0,5. Babak kedua, tim Binus B berhasil mengalahkan tim A dari Universitas Sebelas Maret dengan margin 0,5, namun tim Binus A harus mengakui keunggulan dari tim A Universitas Katolik Atma Jaya dengan margin minus 0,5. Babak ketiga, tim A kembali menunjukkan giginya dengan menumbangkan tim dari Universitas Semarang dengan margin 1, sayang sekali tim B yang harus memberikan winning point kepada tim A dari Universitas Airlangga dan margin minus 0,5. Hari pertama ditutup dengan 2 kemenangan dan 1 kalah dari kedua tim perwakilan Binus.

Hari ketiga, panitia mengumumkan adanya 8 tim yang lolos ke babak perempat final berdasarkan urutan masing-masing klasemen. Tim Binus B yang berada di klasemen A berkesempatan lolos ke babak selanjutnya karena bertengger diposisi runner up klasemen. Namun perjalanan tim Binus A harus terhenti karena di berada di posisi ketiga dari klasemen, kalah margin sehingga berada dibawah tim A dan B dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Pada babak perempat final, tim Binus B harus kembali mengakui keunggulan tim A dari Universitas Katolik Atma Jaya. Adapun 4 tim yang lolos sampai babak semifinal adalah tim A dari Universitas Katolik Atma Jaya, tim A dan B dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, serta tim B dari Universitas Airlangga. Seusai babak semifinal, panitia mengadakan city tour pada 3 tempat wisata terfavorit di Semarang, yaitu Sam Poo Kong, Lawang Sewu, dan kampung Semawis. Tempat terakhir merupakan tempat favorit kami, karena terdapat berbagai macam makanan dan minuman yang menggiurkan serta musik-musik yang indah melantun seperti mengatakan kami untuk berusaha lebih lagi tahun depan.

Hari terakhir acara PICASO, 25 Mei 2015, diadakan perlombaan untuk perebutan juara 1, 2 dan 3. Pada hari yang sama, peserta dari 16 universitas diwajibkan untuk menunjukkan talent show, ada yang bernyanyi, berpuisi, membuat drama, bahkan sampai membuat lomba debat dadakan. Semua penampilan dari universitas selalu berhasil menghibur dan memukau semua penonton dan menjadikan kenangan yang indah bagi para hadirin. Acara diadakan dari pagi hari sampai sore, ditutup dengan doa bersama setelah mengumumkan juara-juara. Untuk posisi pertama dimenangkan oleh Universitas Kristen Satya Wacana salatiga tim A, dan posisi kedua dimenangkan oleh tim B dari Universitas Kristen Satya Wacana salatiga. Juara ketiga dimenangkan oleh tim A dari Universitas Katolik Atma Jaya. Dan yang terakhir untuk katagori Best Speaker, dimenangkan oleh peserta dari Universitas Bina Nusantara yaitu Giovanni Christine Tardy.

153290

153278

Selamat untuk para Pemenang! 🙂

Penulis: Giovanni Christine Tardy (Best Speaker PICASO 2015)

Editor by: Berdi Dwijayanto


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close