People Innovation Excellence

Program Peminatan Psikologi: Baiknya masuk ke mana?

Pada semester Ganjil 2015/2016, mahasiwa Psikologi BINUS semester 5 akan memasuki periode peminatan. Berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya yang memilih beberapa mata kuliah pilihan, angkatan 2013 (Binusian 2017) akan memilih program peminatan. Sejalan dengan arah pengembangan Jurusan Psikologi BINUS, yaitu Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan (Intervention and Engineering Psychology), di dalam program peminatan, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan program-program intervensi Psikologi (nonklinis) yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja manusia yang dpaat menjadi alternatif saran dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Jurusan Psikologi BINUS membuka tiga program peminatan, yaitu:

  1. Psikologi Pendidikan,
  2. Psikologi Komunitas, dan
  3. Psikologi Industri & Organisasi

Di dalam program peminatan, setiap mahasiswa akan mengikuti 7 mata kuliah sesuai peminatannya (termasuk Internship dan Skripsi), yang terbagi ke dalam empat semester. Di semester 5 setiap mahasiswa akan mengikuti tiga mata kuliah peminatan ditambah beberapa mata kuliah umum Jurusan dan Universitas. Ketiga mata kuliah di masing-masing peminatan berisikan topik-topik spesifik yang akan menguatkan pemahaman mahasiswa mengenai penerapan Psikologi di area peminatan mereka.

Sedangkan pada semester 6, mahasiswa akan mengikuti 2 mata kuliah peminatan ditambah beberapa mata kuliah umum Jurusan. Pada semester ini, penguatan pada pemahaman dan keterampilan mahasiswa terkait dengan intervensi Psikologi (nonklinis) akan menjadi fokus utama. Mahasiswa tidak hanya akan belajar mengenai intervensi Psikologi di area mereka, namun juga belajar untuk menyusun, menjalankan, dan mengevaluasi program intervensi Psikologi sesuai dengan peminatan mereka.

Selain mengikuti perkuliahan, di pertengahan semester 6, setiap mahasiswa juga akan menjalani proses seleksi dan penempatan dalam rangka persiapan Program Internship yang akan mereka ikuti di semester 7. Setiap mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi Internship di sejumlah perusahaan, lembaga/institusi pendidikan, atau organisasi swadaya masyarakat yang menjadi mitra Universitas Bina Nusantara. Program Internship akan dijalankan oleh masing-masing mahasiswa selama satu semester penuh, 3-4 bulan, di semester 7.

Pada semester 8, yang menjadi semester akhir, setiap mahasiswa akan  menyusun Skripsi. Skripsi merupakan tugas akhir dalam proses pendidikan Sarjana, termasuk Sarjana Psikologi. Mahasiswa memiliki kesempatan besar untuk mulai menyusun rencana penelitian Skripsi mereka ketika menjalani Program Internship di masing-masing tempat. Rencana penelitian yang disusun selama menjalani Program Internship, akan diarahkan untuk dijalankan sebagai Skripsi mahasiswa.

 

Peminatan Psikologi Pendidikan

Di dalam peminatan Psikologi Pendidikan, mahasiswa akan mengembangkan sebuah Desain Instruksi Pembelajaran di semester 6. Selama di semester 5 dan 6, mahasiswa juga akan mengikuti perkuliahan Psikologi Inteligensi, Psikologi Kreativas & Keberbakatan, Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, dan Psikologi Pendidikan Kebutuhan Khusus. Dengan bekal keempat mata kuliah tersebut, mahasiswa secara tidak langsung diarahkan untuk mengembangkan sebuah desain intruksi pembelajaran untuk anak-anak usia dini, individu kebutuhan khusus, dan pengembangan kreativitas.

pendidikan anak

Mahasiswa yang memilih untuk bergabung dalam peminatan Psikologi Pendidikan akan menjalani Program Internship di institusi/lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Mahasiswa akan diarahkan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka terkait penyusunan desain instruksi pembelajaran di dalam pelaksanaan Program Internship, untuk kemudian dikembangkan menjadi rencana penelitian yang akan direalisasikan sebagai sebuah Skripsi.

 

Peminatan Psikologi Komunitas

Di dalam peminatan Psikologi Komunitas, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan sebuah program Intervensi Sosial di semester 6 mereka. Guna memperoleh pemahaman mengenai konteks dan ruang lingkup intervensi sosial, mahasiswa akan mengikuti mata kuliah Psikologi Indijinus, Pengantar Psikologi Perkotaan, Psikologi Kebijakan Publik, dan Psikologi Perkotaan di semester 5 dan 6. Dengan bekal keempat mata kuliah tersebut, mahasiswa akan dapat mengembangkan sebuah program intervensi sosial yang tepat sasaran yang dapat menjadi alternatif dalam menyelesaikan sebuah permasalahan sosial.

Suporter-Timnas-Garudamania

Pada semester 7, mahasiswa peminatan Psikologi Komunitas akan menjalani Program Internship di lembaga masyarakat (LSM/NGO) atau institusi pemerintahan. Mahasiswa akan diarahkan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menyusun program intervensi sosial di masing-masing tempat pelaksanaan Program Internship, untuk kemudian dikembangkan menjadi rencana penelitian yang dapat direalisasikan menjadi sebuah Skripsi.

 

Peminatan Psikologi Industri & Organisasi

Mahasiswa peminatan Psikologi Industri & Organisasi akan diarahkan untuk mengembangkan sebuah program Pelatihan dan Pengembangan di semester 6. Selama semester 5 dan 6, mahasiswa juga akan mengikuti mata kuliah Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan, Psikologi Kekinerjaan Manusia, Human Resource Function & Information System, dan Perilaku Konsumen. Dengan bekal keempat mata kuliah tersebut, mahasiswa akan makin memahami konteks dan ruang lingkup organisasi sehingga akan mampu menyusun program pelatihan dan pengembangan yang tepat guna sesuai kebutuhan organisasi.

Pengembangan-SDM-Berbasis-Kompetensi

Pada semester 7, mahasiswa peminatan Psikologi Industri & Organisasi akan menjalani Program Internship di sebuah perusahaan. Mahasiswa akan diarahkan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menyusun program pelatihan dan pengembangan di masing-masing perusahaan, yang kemudian dikembangkan untuk menjadi sebuah rencana penelitian yang akan direalisasikan sebagai sebuah Skripsi.

 ————————————————

Psikologi BINUS mengarahkan dirinya untuk fokus dalam Psikologi Terapan, sehingga setiap mahasiswa akan diperkuat dalam pemahaman dan keterampilan mereka untuk dapat menerapkan Psikologi di berbagai situasi. Program Peminatan ini disusun agar mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempertajam pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan area Psikologi yang menjadi minat masing-masing. Program Peminatan dikembangkan bukan hanya untuk menambah kesiapan mahasiswa untuk masuk dalam dunia kerja, baik bergabung dengan sebuah perusahaan/lembaga maupun sebagai entrepreneur, namun juga untuk menambah kesiapan mereka untuk mener uskan pendidikan ke jenjang Magister Psikologi atau ilmu lainnya. Walaupun memang masing-masing peminatan secara tidak langsung akan mengarahkan mahasiswa ke sebuah area peminatan, namun pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di masing-masing peminatan akan sangat berguna untuk memasuki jenjang Magister Psikologi apapun – Profesi maupun Sains – seperti Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, maupun Psikologi Industri & Organisasi, baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Sudahkah kamu menentukan peminatanmu? Diskusikan lah dengan Dosen Pembimbing Akademismu dan Jurusan.

 

sumber gambar:

http://3.bp.blogspot.com/-yuf15jRPlxQ/UYmsRd58s_I/AAAAAAAAADM/D5box1V6a7w/s640/pendidikan+anak.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-BY5I-KL2QC4/UOVxeicnCrI/AAAAAAAAINY/yp07BShISPI/s1600/Suporter-Timnas-Garudamania.jpg
http://manajementraining.com/wp-content/uploads/2014/03/Pengembangan-SDM-Berbasis-Kompetensi.jpg
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/1346666568829526439.jpg


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close