Pentingnya Pendidikan Inklusi

Hey Friends!

Pendidikan adalah ?kabel hidup? dunia. Dengan pendidikan, kita seperti terhubung satu sama lain. Dengan pendidikan, kita seperti punya kekuatan dan senjata yang tidak perlu takut untuk diambil orang lain justru harusnya disebarluaskan sampai ke seluruh penjuru dunia. Pendidikan juga adalah salah satu indikator pembangunan bangsa dan seluruh warganya wajib mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sayangnya tidak semua orang di dunia ini mendapatkannya, salah satunya adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus. Mereka mengalami berbagai keterbatasan sehingga para penyelenggara pendidikan harus menemukan metode yang tepat untuk setiap kebutuhan anak-anak tersebut. Sistem atau metode yang akhir-akhir ini mulai marak diselenggarakan adalah sistem pendidikan inklusi.

 

1406038514

Sumber: http://www.beritasatu.com/kesra/225964-menteri-anies-pendidikan-inklusif-adalah-hak-anak-berkebutuhan-khusus.html

Artikel yang saya cantumkan ini cukup menggambarkan bahwa pendidikan inklusi menjadi pilihan yang patut diimplementasikan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Mengutip artikel tersebut, Bapak Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia saat ini menegaskan bahwa ” Melalui pendidkan inklusif, para guru dan kepala sekolah diharapkan lebih kreatif dan berinovasi untuk bisa melayani serta menyelenggarakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik yang beragam tersebut”. Faktanya masih 34,2 persen dari populasi anak berkebutuhan khusus belum tersentuh layanan pendidikan dengan baik.
Jurusan Psikologi BINUS University dan MIMI Institute melihat fakta ini dengan serius dan tergerak untuk menyelenggarakan pembelajaran intensif mengenai pendidikan inklusi dan kebutuhan khusus yang tepat untuk dilaksanakan sesuai dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Kami mengajak Anda yang peduli dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus untuk hadir dalam INTENSIVE COURSE ON INCLUSIVE EDUCATION yang akan diadakan di Kampus Anggrek BINUS UniversityAsetiap Sabtu mulai tanggal 28 Februari sampai 18 April. Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mendalam mengenai bagaimana sistem pendidikan inklusi yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia, bagaimana mengenal, menangani dan mendampingi proses pembelajaran anak-anak berkebutuhan khusus.

Jika terpanggil untuk mengikut program pembelajaran ini, Anda dapat langsung mendaftarkan diri Anda melalui email: fpriskila@binus.edu atau bdwijayanto@binus.edu , atau melalui telepon (021) 532 7630 (ext.2631 / 2632). Untuk mendapatkan informasi lebih detail dapat mengakses website kami di : http://psychology.binus.ac.id/icie
Mari menjadi agen pembawa pesan dan makna luhur pendidikan untuk semua kalangan!

Penulis: Febriani Priskila, S.Psi.

 

Editor by: Berdi Dwijayanto, S.Psi.

Berdi Dwijayanto, S.Psi