People Innovation Excellence

KEKERASAN PADA REMAJA TERKAIT HUBUNGAN YANG BELUM SAH (DATING VIOLENCE)

Amanda R. Santoso (1701330750)

Gema Putri (1701346231)

gemaputri88@yahoo.co.id

Nabilah Aleta I. (1701354510)

aletaaisbayuputri@yahoo.com

ABSTRAK

Pada penelitian ini kekerasan pada remaja difokuskan kepada remaja yang masih berstatus pacaran dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyebab dari kekerasan yang terjadi dalam hubungan pacaran juga mengetahui kekerasan apa yang lebih banyak terjadi di dalam hubungan pacaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya mewawancara beberapa subyeknya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tindak kekerasan yang dilakukan terhadap pasangan yang belum sah tidaklah pantas dilakukan tidak hanya melanggar norma – norma yang berlaku tetapi juga dapat merugikan korban atas tindak kekerasan itu tersebut. (2) para pelaku yang mengakatan bahwa tindak kekerasan adalah bentuk dari rasa kasih sayang adalah pelaku yang sudah tidak dapat mengatakan sesuatu alasan mengapa dia melakukan tindak kekerasan terhadap pasangan. Solusinya ialah seharusnya para remaja bisa lebih mengontrol emosi disaat suatu hal yang diinginkan tidak tercapai, sehingga respon yang keluar tidak berupa kekerasan yang dapat melukai dan merugikan seseorang seperti kekerasan verbal, psikis, dan fisik.

 

Kata kunci : kekerasan, remaja, dating violence


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close