People Innovation Excellence

GAMBARAN MEDICAL STUDENT SYNDROME PADA MAHASISWA PSIKOLOGI DI PERGURUAN TINGGI JAKARTA

Putri Dewinta

PutriDewintaKinan@yahoo.com

Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara

 

ABSTRAK

 

Mahasiswa Psikologi seringkali melakukan penghayatan pembelajaran yang dapat dilihat dari bagaimana dirinya menganggap bahwa ia memiliki gangguan Psikologis tertentu. Terdapat sebuah pembahasan mengenai Medical Student Syndrome, dimana hal ini dapat menjelaskan fenomena yang ada. Didalam penelitian ini, metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kuantitatif, dimana terdapat penyebaran kuesioner untuk mengetahui lebih dalam mengenai Medical Student Syndrome. Dengan jumlah responden di 3 Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi Jakarta sebanyak 120 orang, Melalui perhitungan data,  didapati hasil bahwa frekuensi responden dengan kategori medical student syndrome yang sangat rendah ialah sebanyak 23 (19,2%), frekuensi dengan kategori rendah juga sebanyak 23 (19,2%), frekuensi dengan kategori tinggi 40 (33,3%), dan frekuensi dengan kategori sangat tinggi 34 (28,3%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa didalam penelitian ini, skor paling banyak ialah skor dengan kategori tinggi. (PD)

 

Kata Kunci: Medical Student Syndrome, Mahasiswa Psikologi, Gangguan Psikologi


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close