Yang saya kasihi, para mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara

Tidak terasa, semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 akan kita hadapi sebentar lagi. Ada banyak hal baru yang menanti kita selama satu semester ke depan: mahasiswa baru, mata kuliah yang baru, dosen baru, dan tentunya, hari yang baru.
Dalam waktu kurang lebih dua pekan lagi kita akan memasuki semester yang baru. Pada semester yang baru tersebut, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan bersama untuk menunjang kelancaran perkuliahan sehingga proses pembelajaran dapat membuahkan hasil yang maksimal, terutama bagi peningkatan kualitas mahasiswa. Ada empat hal yang akan kita lakukan bersama,  yaitu:
      1. Pada pertemuan awal semua mata kuliah, setiap dosen akan menjelaskan tujuan perkuliahan. Galilah penjelasan sedalam mungkin agar kalian mendapatkan gambaran mengenai proses perkuliahan, pengalaman, dan peningkatan kualitas yang akan kalian alami sepanjang satu semester melalui perkuliahan tersebut.
      2. Pada setiap perkuliahan, akan ada minimal 1 pertemuan tatap muka yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Pada pertemuan tersebut, yang disepakati bersama jadwalnya di kelas, bahasa pengantar akan menggunakan Bahasa Inggris, whether in the lecturing, discussion, quizzes or in the assignments. Khusus untuk mata kuliah pilihan, semua pertemuan akan dibawakan dalam Bahasa Inggris.
      3. Di setiap pertemuan tatap muka kita akan bersama fokus pada perkuliahan. Untuk menjaga konsentrasi bersama, maka kita bersama (dosen dan mahasiswa) akan membatasi penggunaan gadget seperti handphone, smartphone, tablet, maupun laptop selama perkuliahan. Alat-alat elektronik hanya diperbolehkan digunakan di kelas selama perkuliahan untuk membaca buku wajib versi ebook, dengan seijin dosen yang bersangkutan.
      4. Disiplin diri akan kita tegakan bersama mulai semester genap ini. Batas waktu keterlambatan di kelas yang berlaku mulai semester ini, di semua jurusan, adalah 5 menit. Batas waktu tersebut akan menjadi patokan kita bersama untuk memfokuskan diri ke perkuliahan. Oleh karena itu, menjaga agar konsentrasi kita bersama tidak terganggu, mahasiswa yang tiba setelah 5 menit TIDAK DIPERBOLEHKAN memasuki ruang kelas untuk mengikuti perkuliahan. Apabila kuliahnya berlangsung 2 shift, silakan masuk pada shift berikutnya.

Semester baru akan berjalan mulai kurang lebih dua pekan lagi. Persiapkanlah diri dengan baik. Salah satunya adalah dengan mempelajari terlebih dahulu materi perkuliahan yang sudah ada di Binus Maya. Buatlah sejumlah pertanyaan yang terbersit di benak kalian ketika membacanya sehingga dapat didiskusikan di kelas nantinya.

Mari, kita rapikan kembali kamar dan meja belajar. Pastikan buku catatan, alat tulis, alat perekam, dan alat apapun yang membantu untuk belajar, tersedia dan siap untuk digunakan.
Selamat mempersiapkan diri untuk menghadapi semester Ganjil 2014/2015.

Salam,
Raymond Godwin

[Ketua Jurusan Psikologi]